Visi Misi

Admin Desa 01 April 2013 14:14:06 WIB

 

VISI DAN MISI

 

  1. 1.      Visi

Visi Lurah desa Pendowoharjo untuk enam tahun mendatang (2014-2020) adalah mewujudkan pemerintahan yang bersih, adil dan bertanggung jawab, menuju masyarakat yang agamis, mandiri dan sejahtera, serta terciptanya lingkungan hidup yang hijau, asri dan sehat.

Visi tersebut mengandung pengertian bahwa pemerintah desa Pendowoharjo bertekat: a) mewujudkan pemerintahan yang bersih dari pungutan liar, korupsi dan nepotisme, b) memberikan pelayanan masyarakat secara profesional dan proporsional, c) menjamin dan melindungi pelaksanaan hak-hak masyarakat, d) memperhatikan dan menindaklanjuti kritik, sumbang saran dan keluhan masyarakat, e) memfasilitasi kegiatan keagamaan untuk menuju masyarakat yang harmonis, f) memfasilitasi dan mendorong kegitan-kegiatan yang berorientasi pada pemberdayaan masyarakat, g) memprioritaskan program-program kerja yang menumbuhkan perekonomian masyarakat, h) mewujudkan lingkungan hidup yang hijau dan rimbun, i) menata lingkungan sekitar sesuai peruntukanya, j) mengupayakan lingkungan yang bersih dan bebas dari berbagai polusi.

Sedangkan indikator ketercapaian masing-masing kata kunci yang terdapat dalam kalimat visi tersebut adalah sebagai berikut:

1.1   Bersih

  1. Tidak ada pungutan dalam menyelenggarakan pemerintahan kecuali yang sudah diatur dalam Peraturan Desa (Perdes) dan/atau peraturan-peraturan di atasnya,
  2. Bebas dari  korupsi dan nepotisme.

1.2   Adil

  1. Tidak membeda-bedakan dalam memberikan pelayanan yang bersifat administrasi,
  2. Memberikan kesempatan yang sama dalam berusaha secara proporsional,
  3. Setiap warga masyarakat dapat melaksanakan hak-hak poltiknya tanpa tekanan dari pihak manapun dan dari siapapun,
  4. Setiap warga masyarakat memperoleh layanan kesehatan secara sepadan,
  5. Setiap anak mendapatkan kesempatan yang sama untuk memperoleh pendidikan pra sekolah dan sekolah sesuai dengan jenjangnya, minimal sampai “WAJAR” 9 tahun.

1.3   Bertanggung jawab:

  1. Menyusun program kerja sesuai dengan kepentingan masyarakat dan lingkungannya,
  2. Melaksanakan program kerja sesuai dengan target dan rencana kerja,
  3. Tertib administrasi,
  4. Membagi habis tugas sesuai tupoksi,
  5. Mengalokasikan anggaran sesuai dengan besaran yang sudah ditetapkan,
  6. Menyelenggarakan monitoring, evaluasi dan tindak lanjut seluruh program kerja,
  7. Menyusun laporan pelaksanaan kegiatan,
  8. Menerima dan menindaklanjuti saran dan kritik dari masyarakat yang bersifat membangun,

 

1.4   Agamis

  1. Tempat-tempat peribadatan makmur,
  2. Kegiatan pengajian anak-anak, remaja dan dewasa di setiap dusun dapat berjalan secara rutin,
  3. Kasus kenakalan remaja, narkoba, percekcokan, pencurian, dan/atau tindakan lain yang dilarang oleh agama semakin berkurang
  4. Kegiatan yang bersifat agamis seperti hadroh, yasinan, dan lainnya berlangsung secara rutin,
  5. Bangunan tempat beribadah terawat baik,
  6. Pembinaan keimanan dan ketaqwaan aparatur desa dijadwalkan dan terlaksana.

1.5   Mandiri:

  1. Penyusunan Program Kerja , Rencana Anggaran Belanja Desa dan Laporan Kegitan dibuat dan ditandatangani oleh Kepala Desa dan disetujui oleh BPD,
  2. Kegiatan pemberdayaan masyarakat dilaksanakan oleh dan untuk masyarakat, yang disesuaikan dengan kebutuhan dasarnya,
  3. Warga masyarakat memberikan santunan sosial kepada warga masyarakat lain yang membutuhkanya,
  4. Kegiatan kemasyarakatan di setiap pedukuhan atas prakarsa masyarakat sendiri,
  5. Masyarakat dapat mencukupi kebutuhan hidupnya dari usaha: pertanian, perkebunan, peternakan, perikanan, kerajinan dan usaha yang lainnya secara swadaya.

1.6   Sejahtera:

  1. Turunnya angka pengangguran, kemiskinan, perceraian yang disebabkan alasan ekonomi,
  2. Kematian ibu melahirkan dan bayi semakin kecil,
  3. Usia harapan hidup, kesempatan berusaha dan kesempatan melanjutkan pendidikan tinggi semakin besar,
  4. Fakir miskin, anak yatim piatu, anak terlantar dan orang tua jompo, dapat tersantuni dengan baik,
  5. Kebutuhan dasar warga masyarakat, yang meliputi: pangan, sandang, papan, kesehatan, pendidikan, lapangan pekerjaan, lingkungan yang bersih, tempat ibadah dan lainya, tersedia dan tercukupi,
  6. Kebudayaan dan seni berkembang di masyarakat,
  7. Produk pertanian, perkebunan, peternakan, perikanan, kerajinan dan usaha lainnya semakin meningkat,
  8. Kegitan PKK, Darma wanita, Pos Yandhu, dan PAUD semakin baik.

1.7   Hijau:

  1. Jumlah tanaman perindang ditepi jalan semakin banyak,
  2. Lahan-lahan kosong dimanfaatkan untuk tanaman produktif,
  3. Pengairan untuk pertanian dan perkebunan tersedia dan mencukupi,
  4. Perkantoran dan lapangan dikelilingi tanaman perindang,
  5. “Gerakan Menanam Seribu Pohon” berhasil memenuhi target,

1.8   Asri

  1. Lingkungan rumah tinggal, sekolah, kantor desa, tempat ibadah dan tepi jalan terawat, bersih dan tertata apik,
  2. Pendowoharjo memiliki ‘Taman Desa’,

 

 

 

1.9   Sehat

  1. Pengolahan produk pertanian, perkebunan, perikanan, peternakan, industri rumah tangga dan lainya  menggunakan teknologi sederhana yang ramah lingkungan,
  2. Pengolahan limbah produk pertanian, perkebunan, perikanan, peternakan, industri rumah tangga dan lainya, serta limbah rumah tangga diatur sesuai dengan ‘Analisis Dampak Lingkungan’ ,
  3. Pertanian organik semakin berkembang,
  4. Angka penderita penyakit yang desebabkan oleh faktor lingkungan (misalnya: Demam Berdarah, Diare, Pes, Flu Burung, dll) sangat kecil,
  5. Lingkungan bebas dari polusi.
  6. 2.      Misi

Misi merupakan pernyataan tentang tujuan operasional yang diwujudkan dalam kegiatan ataupun pelayanan dan merupakan penjabaran dari visi yang telah ditetapkan.

Pernyataan misi merupakan cerminan tentang segala sesuatu yang akan dilaksanakan untuk mencapai gambaran kedepan yang diiginkan. Misi Desa Pendowoharjo dalam RPJMDes Tahun 2014-2020 adalah sebagai berikut:

2.1  Misi Kepemerintahan

  Mewujudkan pelayaan yang profesional melalui peningkatan tata kelola pemerintahan desa yang bersih, adil dan bertanggung jawab.

2.2  Misi Pendidikan :

  Mewujudkan kehidupan sosial budaya yang harmonis yang didasari pada proses pendidikan yang mengacu pada nilai-nilai ajaran agama

2.3  Misi Perekonomian :

  Meningkatkan potensi dan daya dukung lingkungan sosial, pemerintah, perguruan tinggi dan kelompok peduli untuk menciptakan kemandirian ekonomi.

2.4  Misi Kesejahteraan Rakyat:

  Meningkatkan kesejahteraan rakyat dengan melalui berbagai macam kegiatan yang melibatkan masyarakat dan stake holder.

2.5  Misi Pembangunan Sarana prasarana :

  Mewujudkan lingkungan hidup yang hijau, asri, sehat dan aman melalui pembangunan sarana prasarana.

  1. 3.        Nilai-nilai

Untuk mencapai misi Desa Pendowoharjo, maka nilai-nilai yang harus dijunjung tinggi adalah kejujuran, keterbukaan, kepedulian, keadilan, toleransi, gotong rotong, tanggung jawab, kerja keras.

3.1  Kejujuran

       Untuk menciptakan pemerintahan desa yang bersih dan berwibawa, maka seluruh aparat desa dituntut untuk berlaku jujur. Kejujuran dalam menjalankan amanah akan memudahkan pemerintah desa dalam pencapaian target-target pembangunan.

3.2  Keterbukaan

       Keterbukaan masalah kebijakan dan anggaran sangat diperlukan agar harmonisasi hubungan pemerintah desa dan masyarakat dapat terjalin dengan baik. Yang pada akhirnya pemerintah desa akan memperoleh insentif dari masyarakat dalam bentuk dukungan, baik dalam merancang program maupun dalam pelaksanaannya. Keterbukaan dimaksud adalah dalam batas kewajaran, yang disesuaikan dengan kaidah hukum yang berlaku.

3.3  Kepedulian

       Harmonisasi antar masyarakat, antara pemerintah desa dan masyrakat dapat terjadi apabila keduanya memiliki kepedulian. Kepedulian akan menciptakan masyarakat yang ‘ayom, ayem, tentrem’ dan hamonis. Program-program pemerintah desa akan menjadi milik masyarakat apabila didasari pada rasa peduli.

3.4Keadilan

       Warga masyarakat memiliki hak yang sama, dalam memperoleh pelayanan umum atau dalam melaksanakan hak politiknya.  Warga masyarakat dan pemerintah desa juga memiliki kewajiban yang harus dijalankan sesuai dengan perundang-undangan yang berlaku, untuk menjamin keberlangsungan program-program pemerintah desa yang mensejahterakan.

3.5Toleransi

       Dalam batas tertentu toleransi menjamin  kebebsan setiap warga masyarakat untuk menjalankan keyakinannya, menjalankan hak pribadinya tanpa rasa khawatir akan memperoleh perlakuan yang tidak menyenangkan dari pihak lain. Kebebasan memeluk salah satu agama yang diyakini dan menjalankan kewajibannya akan mewujudkan masyarakat agamis yang santun dan peduli.

3.6Gotong royong

       Nilai-nilai kearifan lokal yang dapat dijadikan indikator kebersamaan dan kerukunan adalah sifat gotong royong. Dalam menyukseskan pelaksanaan program pembangunan, pemerintah desa sangat memerlukan bantuan dan dukungan masyarakat. Bentuk bantuan dan dukungan masyarakat yang diperlukan adalah nilai kegotong royongan, yang wujudnya bisa tenaga, dana ataupun pemikiran.

3.7Tanggung jawab

       Bentuk pertanggungan jawab pemerintah desa adalah dengan sungguh-sungguh dalam merancang dan melaksanakn program kerja yang disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat, Dan melaksanakan monitoring, evaluasi dan tindak lanjut sebagai perwujudan tanggung jawab untuk menyukseskan program yang sudah ditetapkan. Sebagai bentuk pertanggungan jawab terakhir adalah adanya laporan kegiatan yang menggambarkan keterlaksanaan program dan hambatannya. Sedangkan tanggung jawab masyarakat adalah mengawal program pemerintah desa, dengan mengawasi dan memberikan kritik dan saran untuk perbaikan keterlaksanaan program.

3.8Kerja keras

       Untuk mewujudkan semua visi dan misi, pemerintah desa dan warga masyarakat harus bersama-sama bekerja kerus, bahu membahu dengan bergotong royong melaksanakan semua program yang sudah ditetapkan. Kerja keras akan memaksimalkan hasil, dan pencapaian target akan lebih efektif dan efisien.

 

 

 

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung

Kalender

Siades Prima Desa Pendowoharjo

Lokasi PENDOWOHARJO

tampilkan dalam peta lebih besar