Sirkoyo 1 Diro Lakukan Posyandu Balita Terakhir 2021

heri subekti 12 Desember 2021 19:04:51 WIB

PENDOWOHARJO---- Posyandu adalah wadah pemeliharaan kesehatan yang dilakukan dari, oleh dan untuk masyarakat yang dibimbing petugas terkait (Departemen Kesehatan RI. 2006). Pos Pelayanan Terpadu/posyandu balita merupakan bentuk fasilitas kesehatan yang diutamakan untuk ibu dan anak, khususnya balita. Fasilitas ini umumnya tersedia di setiap desa, kalurahan, atau padukuhan, dan berada dalam wilayah kerja suatu puskesmas.

 

Minggu (12/12/2021), Posyandu Balita Sirkoyo 1 melakukan penimbangab rutin bulanan yang biasanya dilakukan pada minggu ke 2 (dua) setiap bulan nya. Menurut ketua Posyandu Sirkoyo 1, Ika Damayanti, S. Si, S. Pd. Si., kegiatan biasanya dilakukan di hari Minggu. Hal itu menjadi kesepakatan bersama pengurus dan anggota posyandu balita.

"Posyandu Balita Sirkoyo 1 bila tidak ada aral melintang rutin kita laksanakan pada hari minggu, mengingat sebagian besar orang tua balita banyak yang bekerja," ucap Ika Damayanti disela-sela kegiatan Posyandu Balita. "Untuk tempat pelaksanaan di tempat Pak Dukuh, kita mulai pukul 09.00 WIB sampai pukul 11.00 WIB harus selesai. Dan untuk mengurai kerumunan, kita pecah menjadi 3 shift. Shift pertama untuk RT 56, Shift kedua untuk RT 57 dan shift ketiga ubtuk RT 58, " tambah Ika yang juga merupakan tenaga pendidik.

"Pelaksanaan posyandu balita kita berlakukan sistem shift sejak pandemi Covid-19 dan setelah mendapatkan izin dari Puskesmas maupun Kalurahan, dengan melihat kasus Covid di wilayah padukuhan. Karena di tempat kami ada 52 balita dan 4 Ibu hamil, "papar Ika. "Untuk posyandu balita terakhir di tahun 2021 ini juga kita berikan obat cacing kepada anak-anak usia balita, "pungkas Ika. 

 

Perlu kita ketahui bersama bahwa tujuan posyandu antara lain:  

- Menurunkan angka kematian bayi (AKB), angka kematian ibu (ibu hamil), melahirkan dan nifas.

- Membudayakan NKBS (Norma Keluarga Bahagia Sejahtera)

- Meningkatkan peran serta masyarakat untuk mengembangkan kegiatan kesehatan dan KB serta kegiatan lainnya yang menunjang untuk tercapainya masyarakat sehat sejahtera.

- Berfungsi sebagai wahana gerakan reproduksi keluarga sejahtera, gerakan ketahanan keluarga dan gerakan ekonomi keluarga sejahtera. (D13)

Komentar atas Sirkoyo 1 Diro Lakukan Posyandu Balita Terakhir 2021

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License