Talut amblas mengakibatkan truk bermuatan tanah terguling

heri subekti 14 Desember 2021 19:04:48 WIB

PENDOWOHARJO---- Truk bermuatan tanah yang dikendarai oleh Agus (50th) terpelosok dan terguling di saluran irigasi pada Selasa (14/12/2021) sekitar pukul 10:40 WIB.

Kejadian tersebut terjadi di Dusun Miri, kampung Kojo RT 23, diduga karena pondasi talut sudah miring terkena gerusan aliran air sehingga tidak kuat menopang beban truk. Seperti kronologis yang diungkapkan oleh sopir truk tersebut. "Saya hendak mengantarkan muatan ke rumah warga yang tidak jauh dari tempat kejadian, namun karna berpapasan dengan mobil saya meminggirkan truk tepat didekat parit dan tiba-tiba truk miring lalu terguling", kata Agus saat memberi keterangan kepada Dukuh Miri disela-sela menurunkan muatan.

Proses evakuasi membutuhkan waktu sekitar 1,5 jam karena harus mengosongkan muatan terlebih dahulu, dan melibatkan berbagai unsur, seperti Bhabinkamtibmas, Babinsa, Polantas Polsek Sewon, BPBD Bantul, Tagana Bantul, IOF Rescue, FPRB SIAGA Pendowohajo dibantu warga sekitar.

Berkat semangat dan kekompakan para relawan yang berada di lokasi, truk berhasil berdiri setelah ditarik dengan 3 armada jeep.

Akibat kejadian tersebut parit mengalami kerusakan, tertutupnya sebagian aliran irigasi pertanian dan akses jalan menjadi sempit. Namun pihak pemilik truk bersedia untuk mengkondisikan kerusakan tersebut supaya aliran irigasi pertanian bisa kembali lancar seperti semula, saat ditemui setelah proses evakuasi selesai. 

Beberapa tahun terakhir jalur tersebut memang cukup padat dilalui oleh kendaraan, terutama angkutan berat. Sehingga mengakibatkan lapisan tanah bergeser dan menjadi labil. Untuk itu pengendara yang melewati jalur tersebut diharap berhati-hati dan waspada. 

Warga berharap semoga Pemerintah memberikan perhatian terhadap kondisi jalan tersebut demi kelancaran pengendara yang melaluinya. (herzub) 

 

Komentar atas Talut amblas mengakibatkan truk bermuatan tanah terguling

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License