Posyandu Balita dan Lansia Sirkoyo 2 Diro

heri subekti 15 Januari 2022 02:45:31 WIB

PENDOWOHARJO---- Posyandu adalah wadah pemeliharaan kesehatan yang dilakukan dari, oleh dan untuk masyarakat yang dibimbing petugas terkait. (Departemen Kesehatan RI. 2006). Pos Pelayanan Terpadu/posyandu balita merupakan bentuk fasilitas kesehatan yang diutamakan untuk ibu dan anak, khususnya balita. Fasilitas ini umumnya tersedia di setiap desa, kelurahan, atau pedukuhan, dan berada dalam wilayah kerja suatu puskesmas.

Sedangkan Posyandu lansia adalah wadah pelayanan untuk warga lanjut usia. Pembentukan dan pelaksanaannya dilakukan berdasarkan inisiatif masyarakat. Hal ini membuat program dan layanan yang tersedia bisa disesuaikan dengan kondisi dan kebutuhan masyarakat di daerah tersebut.

Jumat (14/01/2022) Posyandu Balita dan Lansia Sirkoyo 2 melakukan rutinitas bulanan yang biasanya dilakukan pada minggu ke 2 (dua) setiap bulan nya. Menurut Asih Sri Suyanti selaku ketua Posyandu Balita, kegiatan dilakukan di sore hari mengingat banyak orang tua yang punya aktivitas rutin dibpagi hari. "Biasanya kita agendakan mulai pukul 15.30 WIB setelah sholat ashar, biar orang tua balita bisa datang maksimal, " terang Yanti. "Dengan menggunakan gedung serba guna Al Bashir yang memang untuk kegiatan masyarakat, dan tempatnya juga representatif untuk menampung orang banyak, " lanjut Yanti.

"Pelaksanaan posyandu balita dan lansia kita berlaukan sistem shift sejak pandemi covid-19 dan setelah mendapatkan izin dari Puskesmas maupun kalurahan, dengan melihat kasus covid di wilayah padukuhan, "pungkas yanti. 

Sedangkan untuk Posyandu Lansia, dilakukan pemeriksaan rutin tekanan darah, pemeriksaan gula darah dan juga kegiatan-kegiatan kecil untuk melatih ingatan lansia. Sumarjito selaku ketua Posyandu Lansia menjelaskan bahwa hal tersebut sesuai dengan arahan Puskesmas Sewon 1, untuk mengurangi resiko terburuk Penyakit Tidak Menular bagi lansia. "Biasanya kita lakukan pemeriksaan tekanan darah untuk para lansia, kebetulan ditempat kita ada petugas kesehatan yang siap membantu, untuk pemeriksaan tekanan darah dilakukan oleh bu Kastuti dan bu Erna Kusumawati. Bu Kastuti itu pensiunan tenaga kesehatan puskesmas, sedangkan bu Erna adalah tenaga pengajar yang juga apoteker," jelas sumarjito. "Untuk pemeriksaan gula darah, berat badan, lingkar perut, kali ini kita dibantu oleh tenaga dari Puskesmas sewon 1," lanjut bapak berkacamata tersebut. "Nah disela-sela pendaftaran maupun pemeriksaan, biasanya lansia kita sodori pertanyaan ringan untuk melatih daya ingat, misalnya namanya siapa, tanggal lahirnya kapan, sekarang ada dimana, nama pak Dukuh siapa, berhitung maju maupun mundur angka 1 sampai 20, dan lain-lain yang sifatnya ringan sambil bercanda biar tidak bosan, "tutup sumarjito. (D13)

Komentar atas Posyandu Balita dan Lansia Sirkoyo 2 Diro

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License