Gerakan Pengendalian Hama Tikus

heri subekti 01 Februari 2022 20:58:08 WIB

PENDOWOHARJO---- Di tengah liburan tahun baru Imlek, Selasa (01/02/2022) Kelompok Tani Budi Luhur Padukuhan Kaliputih Kalurahan Pendowoharjo melakukan gropyok tikus di Bulak Semar Kaliputih. Gropyok tikus dilakukan secara serempak dengan cara mencari lubang tikus dan dilakukan pengasapan pemberian umpan (Bismikus 66 ps dan obat tikus Petrokum) pada lubang tikus. 

Hal ini dilakukan petani karena akhir-akhir ini terganggu akibat banyaknya tikus yg memakan tanaman milik petani. 

Dengan kejadian tersebut, Musanto, Ketua Poktan Budi Luhur, segera melapor ke BPP Sewon untuk segera ditindaklanjuti.

Sehari kemudian petugas penyuluh turun ke lahan pertanian untuk pengumpulan data. Selanjutnya setelah dikoordinasikan oleh pihak terkait maka gropyok tikus segera dilakukan. 

Hadir dalam kegiatan ini Penyuluh Pertanian BPP Sewon (Candra Gunawan), bersama Ulu-Ulu Pendowoharjo (Sunaryanta), Dukuh Kaliputih (Mujadi), Ketua Poktan Budi Luhur (Musanto) dan anggota Poktan. 

“Dengan diadakannya gropyok tikus ini petani Pendowoharjo umumnya dan khususnya Poktan Budi Luhur dapat meningkatkan produksi hasil pertanian, "tutur Candra Gunawan saat ditemui Tim PPID Pendowoharjo. 

Sementara pada saat yang sama, Ketua Poktan menyampaikan,”Yang terkena dampak akibat hama tikus ini sekitar 8 hektar dengan jumlah petani pengharap 50 orang dan petani pemilik 30 orang, " papar Musanto. 

Tetap Semangat Jangan Sambat Petani Budi Luhur! Pendowoharjo Prasaja Sinuba Sinukarta. (UMR)

Komentar atas Gerakan Pengendalian Hama Tikus

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License