Sosialisasi Penanaman Padi IP400 di Padukuhan Pendowo

heri subekti 14 Februari 2022 06:09:01 WIB

PENDOWOHARJO---- Minggu (13/02/2022) bertempat di rumah Aris salah satu anggota kelompok tani yang beralamakan di Dusun Pendowo RT 92 kurang lebih sekitar pukul 13.00 - 15.00 diadakan sosialisasi program penanaman padi IP400. Dimana jenis padi IP400 mempunyai masa tanam yang tergolong pendek sehingga nanti dalam satu tahun bisa panen selama 4 (empat) kali. Rencananya penanaman padi jenis IP400 akan di lakukan di bulak tegalombo yang berlokasi di Dusun Pendowo.

Program IP 400 Merupakan Program Baru dari Pemerintah Untuk Meningkatkan Produktifitas Pertanian. Bersama kelompok Tani Makmur Pendowo, Petani Penggarap, Dukuh Pendowo dan Pendamping Pertanian sepakat dilakukan penanaman padi IP400 di bulak Tegalombo. Mengingat semakin berkurangnya lahan pertanian di bulak tersebut, karena beralih fungsi sebagai bangunan rumah dan sebagainya, program IP400 diharapkan menjadi terobosan baru untuk meningkatkan hasil panen dan kesejahteraan para petani. Sebagai informasi, lahan pertanian bulak tegalombo mempunyai luasan kurang lebih 4 hektar.

Para petani berharap dengan adanya program tersebut yang tergolong masih baru, Pemerintah Kalurahan Pendowoharjo melalui perencanaan dari Kasi Ulu-ulu bisa memberikan dukungan dalam subsidi pengadaan benih padi. Sekiranya dalam anggaran perubahan dapat di masukkan untuk dukungan program penanaman padi IP400 guna menunjang ketahan pangan. Hal tersebut disampaikan karena dari Pemerintah Pusat untuk bantuan benih hanya pada masa tanam 4, sedangkan untuk masa tanam 1-3 petani harus swadaya. (EW)

Komentar atas Sosialisasi Penanaman Padi IP400 di Padukuhan Pendowo

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License