Bimtek Pengelolaan Keuangan Kalurahan Bagi Bendahara dan Pendamping Desa Kabupaten Bantul

Administrator 28 Maret 2022 19:00:29 WIB

YOGYAKARTA---- Bertempat di Ballroom Hotel Grand Dafam Rohan Jogja, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Kalurahan Mengadakan Bimbingan Teknis Pengelolaan Keuangan Kalurahan Bagi Bendahara dan Pendamping Desa pada tanggal tanggal 28 Mei 2022 pukul 09.00 – 14.00 WIB. Gelaran Bimtek tersebut dibuka oleh Wakil Bupati Bantul, Joko B Purnomo. Dalam acara Bimtek kali ini Kalurahan Pendowoharjo diwakili oleh Hari Santosa, A.Md., selaku Kaur Danarta Kalurahan Pendowoharjo.


Kepala Dinas PMK, Dra.Sri Nuryanti, M.Si., menyampaikan bahwa perlu kehati-hatian dalam pengelolaan keuangan. Penutupan BAP harus sama antara realisasi dan BKU dan Banyaknya sumber dana yang masuk ke Kalurahan jangan sampai inputnya salah kode rekening. Juga untuk Kalurahan yang mengganggarkan kendaraan roda 4 dalam anggaran 8% covid agar ada kaitannya dengan penanganan covid jangan malah menjadi kendaraan dinas.


Wakil Bupati Bantul menyampaikan bahwa Kaur Danarta harus rajin mengikuti perkembangan peraturan daerah maupun peraturan bupati dan menyampaikan penatausahaan keuangan yang menggunakan Siskeudes agar mendukung terwujudnya good governance pada pelaksanaan keuangan kalurahan.
Sementara itu, Nanang Mujianto, S.STP., menjelaskan cara melakukan perubahan penjabaran yang benar agar tidak terjadi kekeliruan pada aplikasi Siskeudes serta kewajiban bendahara untuk melakukan penutupan kas bulanan. Apabila terjadi selisih atau kesulitan dapat melakukan konsultasi dengan DPMK.


Senada dengan hal tersebut, Wuryan, salah satu Tenaga Ahli P3MD menjelaskan realisasi pencaian Dana Desa Kabupaten Bantul sampai dengan bulan Maret, Silpa Dana Desa (DD) tahun 2021 maupun DD Tahun 2022. Pemerintah Kalurahan dimohon segera melakukan kegiatan yang bersumber dari DD agar dapat mengajukan pencairan tahap berikutnya. (Bend)

Komentar atas Bimtek Pengelolaan Keuangan Kalurahan Bagi Bendahara dan Pendamping Desa Kabupaten Bantul

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License