Nyamuk Wolbachia, Komplementer PSN Mandiri

heri subekti 07 April 2022 17:29:08 WIB

PENDOWOHARJO---- Pagi hari ini, Kamis (07/04/2022) Dinas Kesehatan Kabupaten Bantul bekerjasama dengan WMP Yogyakarta melakukan uji pemasangan ember Wow Mantul kepada OTA (Orang Tua Asuh), sekaligus penjelasan program dan teknis pengamatan ember.

Kegiatan tersebut serentak dilaksanakan dibeberapa Pedukuhan, diantaranya Bandung, Kaliputih, Rogoitan, Pendowo, Monggang, Cepit Krandohan dan Diro. 

Bertempat di rumah Dukuh masing-masing wilayah, kader kesehatan Pedukuhan yang telah ditunjuk untuk mengawal suksesnya Wow Mantul menerima penjelasan dan arahan dari Tri Kunarsih dari WMP Yogyakarta.

Tri Kunarsih menjelaskan tata cara pengisian ember, pengamatan ember, dan juga evaluasi nya. "Jadi nanti pertama kali yang dikerjakan membilas ember terlebih dulu dengan air bersih, cukup dengan air bersih saja tanpa sabun. Pastikan tangan ibu-ibu kader tidak terkontaminasi dengan bahan aktif apapun, misal sabun, handsanitizer, parfum, lotion dan lain nya", terang pendamping dari WMP Yogyakarta tersebut. "Setelah bersih, isi ember dengan air bersih sampai mendekati lubang ventilasi pada ember, lalu masukkan benih telur nyamuk wolbachia yang ada pada kasa sampai basah terkena air semua, pelet nya jangan lupa juga di masukkan ya ibu-ibu", lanjut Tri Kunarsih sambil mendampingi kader yang langsung mempraktekkan.

Setelah benih nyamuk dan pakan berbentuk pelet di masukkan, ember akan didiamkan selama 7 hari sampai 14 hari ke depan. "Jadi setelah benih telur nyamuk dan pakan sudah dimasukkan, kita diamkan dan amati selama 7 hari ke depan. Nanti dilakukan pengamatan kondisi ember, kondisi air, banyaknya larva, pupa, dan selongsong pupa", tambah wanita berhijab tersebut. "Nah nanti kegiatan pengamatan akan kembali dilakukan dihari ke 14, hasil pengamatan nanti dicatat dan dilaporkan. Setelah itu kita lakukan evaluasi di tempat pak Dukuh", pungkas Tri.

Wow Mantul merupakan program dari Dinas Kesehatan Bantul untuk mengurangi kasus demam berdarah di wilayah Kabupaten Bantul. Akan tetapi program ini merupakan program pendamping. PSN Mandiri tetap menjadi prioritas utama dalam mencegah demam berdarah. Oleh karena itu, meskipun Wow Mantul telah dilaksanakan, masyarakat tetap harus melakukan giat Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) dengan 4M plus. (D13)

 

#Pendowoharjo 

#PrasajasinubaSinukarta 

Komentar atas Nyamuk Wolbachia, Komplementer PSN Mandiri

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License