Giat Pengasapan Untuk Memutus Penyebaran DBD Di Krandohan

heri subekti 28 Mei 2022 17:20:56 WIB

PENDOWOHARJO---- Pemerintah Kalurahan Pendowoharjo melalui Dinas Kesehatan Kabupaten Bantul melakukan metode pengasapan atau fogging pada Sabtu (28/05/2022). Langkah ini menyusul adanya kasus Demam Berdarah Dengue (DBD) yg dialami oleh beberapa warga Ngrukem RT 18, Padukuhan Krandohan, Kalurahan Pendowoharjo, Kapanewon Sewon.

 

Pelaksanaan fogging yang menyasar di lingkungan RT 17 dan 18 ini melibatkan petugas dari Dinas Kesehatan Kabupaten Bantul, Puskesmas Sewon 1, Pemerintah Kalurahan Pendowoharjo, Ketua RT serta masyarakat sekitar.

 

Fogging menjadi langkah terakhir yang dilakukan apabila terdapat kasus DBD. Cara sederhana namun efektif dalam mencegah penularan demam berdarah adalah dengan melakukan PSN atau Pemberantasan Sarang Nyamuk dengan strategi 3M Plus yaitu :

1. Menguras, membersihkan, dan menyikat penampungan air seminggu sekali.

2. Menutup rapat tempat penampungan air.

3. Mengubur dan mendaur ulang barang bekas yg berpotensi menimbulkan genangan air.

Sedangkan Plusnya adalah menaburkan bubuk larvasida serta memelihara ikan pemakan jentik nyamuk dalam bak-bak penampungan air yg sulit dibersihkan, menggunakan lotion anti nyamuk dsb.

 

Kasus demam berdarah cenderung meningkat di bulan Mei karena bersamaan dengan musim hujan. Oleh karena itu Pemerintah Kalurahan Pendowoharjo mengajak kepada masyarakat melalui Ketua RT dan kader kesehatan yang ada di tiap RT agar terus digiatkan melakukan PSN (Pemberantasan Sarang Nyamuk) dengan 3M Plus. (adhi) 

Komentar atas Giat Pengasapan Untuk Memutus Penyebaran DBD Di Krandohan

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License