Sosialisasi Pencegahan Radikalisme, Terorisme dan Intoleransi di Kapanewon Sewon

Administrator 31 Mei 2022 13:47:26 WIB

PENDOWOHARJO---- Dilatarbelakangi oleh data peta kerawanan wilayah dan tempat yang rawan terpapar paham radikal, penambahan jumlah napiter dan eks napiter di D.I. Yogyakarta serta maraknya aksi terorisme di Indonesia, maka diadakanlah Sosialisasi Pencegahan Radikalisme dan Intoleransi di Aula Syech Sewu Kapanewon Sewon, pagi ini, Selasa, (31/5/2022). Kegiatan dihadiri oleh Forkompinkap Sewon, Jagabaya, perwakilan Dukuh, Bamuskal, tokoh masyarakat dan Bhabinkamtibmas se-Kapanewon Sewon.

Perwakilan Polda DIY, Kompol Bimo dalam sambutannya mengungkapkan bahwa kegiatan ini cukup penting untuk disampaikan kepada warga masyarakat demi mencegah dan memerangi aksi radikalisme dan intoleransi yang ada di wilayah Sewon.

Umar, salah satu pemateri juga mengatakan bahwa perbuatan yang masuk dalam unsur tindak pidana terorisme di antaranya membuat bahan peledak secara ilegal, melakukan pelatihan militer atau i'dad, melakukan bai'at kepada pemimpin atau kelompok teror, menyembunyikan informasi kelompok teror dan memberikan dana atau logistik pada jaringan terorisme dan lain sebagainya. Selain itu, juga disampaikan doktrin terorisme, beberapa bentuk-bentuk organisasi teror dan afiliasinya.

Faktor penyebab seseorang terpapar paham radikalisme dan terorisme antara lain pemahaman agama yang tidak sempurna, kemiskinan, kesenjangan sosial, rasa putus asa, anti demokrasi, kurangnya edukasi, empati yang berlebihan akibat medsos di dalam dan luar negeri dan merebaknya arus globalisasi. Mari kita semua bahu-membahu untuk mencegah maraknya aksi terorisme, radikalisme dan intoleransi yang ada di wilayah kita masing-masing demi menjaga keutuhan 4 pilar kebangsaan Indonesia, yakni Pancasila, UUD 1945, Bhinneka Tunggal Ika dan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). (sgt)

Pendowoharjo
PrasajaSinubaSinukarta

Komentar atas Sosialisasi Pencegahan Radikalisme, Terorisme dan Intoleransi di Kapanewon Sewon

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License