Bakal Ramaikan Dunia Wisata Bantul, Pokdarwis Kalurahan Pendowoharjo Siap Dibentuk

heri subekti 08 Juni 2022 08:52:03 WIB

PENDOWOHARJO---- Kelompok Sadar Wisata (pokdarwis) merupakan salah satu organisasi yang berbasis masyarakat yang dapat membantu Pemerintah dalam melakukan sosialisasi dan implementasi unsur - unsur sapta pesona dalam kegiatan kepariwisataan. Untuk mengembangkan sektor pariwisata di suatu kawasan, maka kelembagaan yang paling pertama kali di bentuk adalah Pokdarwis. Pokdarwis merupakan organisasi non profit yang bisa menjembatani masyarakat dalam pengembangan destinasi wisata maupun Desa Wisata dengan berpedoman pada sapta pesona.

 

Menurut Permenbudpar Nomor PM.04/UM.001/MKP/2008, sapta pesona merupakan jabaran konsep sadar wisata khususnya yang terkait dengan dukungan dan peran masyarakat sebagai tuan rumah dalam upaya untuk menciptakan lingkungan dan suasana kondusif. Adapun unsur sapta pesona antara lain: aman, tertib, bersih, sejuk, indah, ramah, dan kenangan. Sapta pesona tergambar dalam sebuah matahari dengan wajah yang tersenyum. Kemudian, di sisi-sisinya terdapat tujuh pancaran sinar. Pada intinya, sapta pesona adalah tujuh kondisi yang perlu diupayakan untuk diwujudkan dalam rangka menarik wisatawan untuk berkunjung ke suatu objek wisata.

 

Selasa (07/06/2022) mulai pukul 09.00 WIB di ruang rapat lantai 2 Dinas Pariwisata Kabupaten Bantul dilakukan rapat koordinasi untuk membahas pelaksanaan Pelatihan dan Pembentukan Pokdarwis di Kalurahan Pendowoharjo. Rakor difasilitasi oleh Dinas Pariwisata Kabupaten Bantul yang merupakan amanah dari APBD Kabupaten Bantul Tahun 2022 berkaitan dengan pagu indikatif pelaksanaan pelatihan dan pembentukan pokdarwis di Kalurahan Pendowoharjo untuk mendukung rintisan Desa Wisata.

 

Hadir dalam rakor antara lain Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Bantul yang diwakili oleh Karman, Pemerintah Kalurahan Pendowoharjo yang di wakili oleh Ulu-ulu, Ketua LPMKal, Perwakilan Bamuskal Pendwoharjo, Dukuh Diro, dan Ketua Karang Taruna Pembaharuan Pendowoharjo. 

 

Dalam rakor yang di pimpin oleh Karman, Pejabat Fungsional di lingkungan Dinas Pariwisata Kabupaten Bantul, disepakati bahwa pelatihan dan pembentukan pokdarwis akan di lakukan pada tanggal 20-22 Juli 2022 bertempat di Omah Kampoeng Jl. Bantul. Pelatihan dibagi dalam dua kegiatan yaitu pemaparan materi oleh nara sumber pada 2 hari pertama dan pada 1 hari terakhir dilakukan kunjungan lapangan ke Pokdarwis di wilayah Kabupaten Bantul yang telah berjalan baik dan menjadi juara pada lomba pokdarwis di tingkat Provinsi. Adapun peserta pelatihan akan melibatkan 7 unsur antara lain Pemerintah Kalurahan, Bamuskal, LPMKal, TP PKK, Karang Taruna, Masyarakat dan Pelaku Wisata/Budaya. "Harapannya nanti di hari ke dua saat pelatihan, terbentuk pengurus pokdarwis di Kalurahan Pendowoharjo yang nanti akan bersinergi dengan kami dan akan kita masukkan dalam Forum Komunikasi Pokdarwis se Kabupaten Bantul. Dinas Pariwisata Kabupaten Bantul dalam 1 tahun melakukan 7 kali pelatihan untuk peningkatan kapasitas bagi pokdarwis, destinasi wisata, maupun desa wisata,"tutup Karman mengakhiri rakor.(D13)

Komentar atas Bakal Ramaikan Dunia Wisata Bantul, Pokdarwis Kalurahan Pendowoharjo Siap Dibentuk

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License