Rembug Bareng Bersama CRI. Mau Dibawa Kemana SID Bantul?

heri subekti 09 Juni 2022 12:36:09 WIB

PENDOWOHARJO---- Bertempat di Aula Lantai 3 Perpustakaan dan Arsip Daerah Kabupaten Bantul telah diselenggarakan kegiatan sinkronisasi rembug Sistem Informasi Desa (SID) se-kabupaten Bantul, Kamis Pagi, (9/6/2022). Kegiatan dihadiri oleh Bappeda Bantul, Diskominfo, Dukcapil, DPMKal dan seluruh operator SID yang ada di masing-masing Kalurahan se-Kabupaten Bantul. 

Kepala Bappeda Bantul, Ir. Fenty Yusdayati, M.T., mengungkapkan bahwa pergerakan SID di seluruh Kalurahan sudah mulai berkembang bahkan ada yang membuat aplikasi sendiri. 

"Rembug SID dilakukan guna meningkatkan layanan satu data yang ada di wilayah Bantul. Dalam hal ini kita sudah lakukan kerjasama dengan Combine Resource Institusi (CRI) Bantul untuk pengembangan lebih lanjut terkait konsep SID yang sudah dilakukan selama kurang lebih 3 tahun," papar Fenty. 

 

Direktur CRI, Elanto lebih menjelaskan terkait basis data dan konsep kerjasama terbaru yang sudah dirancang bersama tim Bappeda Bantul saat ini. 

"Sebenarnya data apa saja yang diinginkan untuk ditampilkan di SID monggo nanti bisa disepakati dan didiskusikan bareng," tuturnya. 

 

Konsepnya bahwa bagaimana SID di Kabupaten Bantul bisa diintegrasikan dengan Data Terpadu Kemiskinan Sosial (DTKS) dan SIKS-NG Kemensos dengan SIAK Kemendagri sehingga datanya bisa diakses satu pintu. Harapannya, data bisa diperoleh lebih akurat dan mutakhir. Proses pemanfaatan datanya tidak sebatas difungsikan untuk website dan surat menyurat saja. Hal yang perlu dilakukan oleh Kabupaten Bantul adalah masing-masing Kalurahan bisa mengakses data kependudukan terbaru agar antara Kalurahan dengan instansi terkait diperoleh sinkronisasi data By Name By Adress (BNBA) yang sama lewat aplikasi SID yang selama ini sudah diakses cukup lama. (sgt) 

 

#Pendowoharjo

#PrasajaSinubaSinukarta

Komentar atas Rembug Bareng Bersama CRI. Mau Dibawa Kemana SID Bantul?

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License