Studi Tiru Kemenag Propinsi Lampung di Kalurahan Pendowoharjo

heri subekti 20 Juni 2022 15:15:07 WIB

PENDOWOHARJO---- Dengan dijadikannya status Desa Sadar Kerukunan tahun 2021 kemarin, pada siang hari ini, Senin,(20/6/2022) Kalurahan Pendowoharjo mendapatkan kunjungan tamu dari Kemenag Propinsi Lampung dalam rangka studi tiru terkait Desa Sadar Kerukunan yang ada di wilayah Pendowoharjo. Kegiatan ini dihadiri oleh Lurah Pendowoharjo, perwakilan Kemenag Bantul, Carik, Kasi, Kaur, Dukuh Dagen, Babinsa dan Ketua RT 01 Dusun Karanggede sebagai pilot project Desa Sadar Kerukunan di wilayah Pendowoharjo. 

 

Drs.H.Marwansyah, Kabid Tata Usaha Kemenag Propinsi Lampung menyampaikan maksud dan tujuannya terkait kunjungannya di Kalurahan Pendowoharjo adalah untuk silaturahim dan sharing inovasi program desa sadar kerukunan yang ada di wilayah Pendowoharjo Sewon Bantul. 

 

H. Hilmi Hakimudin, S.Pd.I., selaku Lurah Pendowoharjo menanggapi positif kunjungan studi tiru rombongan dari Kemenag Propinsi Lampung. 

" Terima kasih atas kunjungannya di Kalurahan Pendowoharjo, perlu kami sampaikan bahwa inovasi yang kami lakukan di bidangnya Bu Kamituwa itu kami bentuk Kaum Rois dan Khodimah di masing-masing RT yang terwadahi dalam Paguyuban Kaum Rois tiap 1 bulan sekali. Salah satu manfaatnya adalah untuk menjalin silaturahim dan mengembangkan program keagamaan di wilayah," papar Hilmi. 

 

Selanjutnya kita juga ada program Pusaka Sakinah sebagai lembaga satu-satunya yang ada di Bantul, Kalurahan Pendowoharjo juga ada inovasi untuk melakukan mediasi antara pasangan keluarga dengan pihak Kalurahan dan Kaum Rois agar Keluarganya tetap berlangsung harmonis. 

 

Kemudian yang tidak kalah penting lagi bahwa di wilayah kami, yaitu di Dusun Karanggede dalam satu RT terdapat 4 umat jamaah dan tempat ibadah. Islam, Kristen, Katolik dan Hindu. Kesemuanya itu, kita fasilitasi dengan membentuk Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) tingkat Kalurahan sehingga diharapkan semua dapat berjalan dengan rukun dan harmonis. (sgt)

 

#Pendowoharjo

#PrasajaSinubaSinukarta

Komentar atas Studi Tiru Kemenag Propinsi Lampung di Kalurahan Pendowoharjo

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License