Mengenal Lebih Dekat Pokdarwis dan Sapta Pesona

heri subekti 23 Juni 2022 11:57:37 WIB

PENDOWOHARJO---- Kelompok Sadar Wisata / Pokdarwis adalah kelembagaan di tingkat masyarakat yang anggotanya terdiri dari para pelaku kepariwisataan atau orang yang memiliki kepedulian dan tanggung jawab serta berperan sebagai penggerak dalam mendukung terciptanya iklim kondusif bagi tumbuh dan berkembangnya kepariwisataan, serta terwujudnya Sapta Pesona dalam meningkatkan pembangunan daerah melalui kepariwisataan dan manfaatkannya bagi kesejahteraan masyarakat sekitar. Pokdarwis berkedudukan di Desa/Kalurahan dan hanya ada 1 (Satu) Pokdarwis dalam 1 (Satu) Pemerintah Kalurahan.

 

Sedangkan Sapta Pesona merupakan konsep sadar wisata dengan dukungan peran serta masyarakat sebagai tuan rumah destinasi, dalam upaya menciptakan lingkungan dan suasana kondusif, yang mampu mendorong tumbuh dan berkembangnya industri pariwisata melalui 7 (tujuh) unsur yaitu: Aman, Tertib, Bersih, Sejuk, Indah, Ramah, dan Kenangan.

 

Undang-Undang Nomor 10 Tahun 2009 tentang Kepariwisataan mengamanatkan bahwa salah satu tujuan kegiatan kepariwisataan adalah upaya melestarikan alam, lingkungan dan sumber daya dengan berlandaskan pada prinsip-prinsip memelihara kelestarian alam dan lingkungan hidup, memberdayakan masyarakat setempat dan menjamin keterpaduan antar sektor, antar daerah, antara pusat dan daerah yang merupakan satu kesatuan sistemik dalam rangka otonomi daerah serta keterpaduan antar pemangku kepentingan.

 

Pokdarwis membutuhkan peran serta masyarakat sekitar. Salah satu konsep yang menjelaskan peranan komunitas dalam pembangunan pariwisata adalah Community Based Tourism (CBT). Secara konseptual prinsip dasar kepariwisataan berbasis masyarakat adalah menempatkan masyarakat sebagai pelaku utama melalui pemberdayaan masyarakat dalam berbagai kegiatan kepariwisataan, sehingga kemanfaatan kepariwisataan sebesar-besarnya diperuntukkan bagi masyarakat. Sasaran utama pengembangan kepariwisataan adalah meningkatkan kesejahteraan masyarakat (setempat). Tujuan yang ingin diraih adalah pemberdayaan sosial ekonomi komunitas itu sendiri dan meletakkan nilai lebih dalam berpariwisata, khususnya kepada para wisatawan.

 

Hal tersebut diatas sekelumit materi yang disampaikan oleh narasumber dalam pelatihan pembentukan Pokdarwis Kalurahan Pendowoharjo yang diselenggrakan oleh Dinas Pariwisata Kabupaten Bantul pada hari ke 2 (dua) Rabu (22/06/2022) bertempat di Pendopo Omah Kampung yang berlokasi di Jalan Bantul Km. 9 Sawahan Pendowoharjo Sewon Bantul. Peserta pelatihan yang merupakan masyarakat Pendowoharjo sepakat untuk memajukan sektor pariwisata dengan membentuk Pokdarwis. Mau tahu apa nama Pokdarwis Pendowoharjo..?. Simak terus berita lanjutan dari tim medsos PPID Pendowoharjo. (D13)

#Pendowoharjo

#PrasajaSinubaSinukarta

Komentar atas Mengenal Lebih Dekat Pokdarwis dan Sapta Pesona

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License