Heru Siap Lambungkan Wisata Soret Ngrompang

heri subekti 05 Juli 2022 21:39:51 WIB

PENDOWOHARJO---- Selasa siang (05/07/2022) setelah melakukan eksplorasi ke spot Wisata Soret di Ngrompang, Tim Medsos PPID Pendowoharjo melanjutkan perjalanan menuju kediaman Heru Siswanto, seniman perupa yang rumahnya tidak jauh dari lokasi Wisata Soret Ngrompang. Tim kali ini yang terdiri dari Carik, dua Kaur, dua Dukuh Diro dan dua Staf Kalurahan disambut langsung oleh tuan rumah dengan sangat baik.

 

Heru Siswanto, pria sederhana dan ramah yang sering mengenakan pakaian kasual ini mempersilahkan rombongan untuk berjalan-jalan di studio miliknya yang diberi nama "Joning Artspace". " Joning merupakan singkatan dari Njomblang Kemuning," ucap Heru.

 

Kebetulan saat ini sedang digelar pameran hasil karya dari tujuh perupa. Mereka adalah Adhik Kristiantoro, Giring Prihatyasono, Harun, Heru Siswanto, Hono Sun, Iskandar Sy dan Yaksa Agus, dalam “Song Art Exhibition” yang berlangsung sejak 2 Juli hingga 3 Agustus 2022 mendatang.

 

Sebagaimana diungkap penggagas sekaligus owner Joning Art Space, Heru Siswanto, pameran ini mengusung tema tentang lingkungan sekitar Kasongan. Ini merupakan komitmen untuk mendekatkan masyarakat Kasongan dan sekitarnya pada semangat berkarya serta reaktualisasi kembali sejarah Kasongan masa lampau yang hingga saat ini menjadi pusat kegiatan berkarya terakota atau gerabah.

 

“Menurut sejarahnya kerajinan gerabah awalnya merupakan bentuk perlawanan masyarakat melawan penindasan asing (Belanda) yang dipimpin oleh "Kiai Abdurrauf" atau orang mengenal dengan panggilan "Kiai Song". Karena Belanda selalu merampas hasil panen para petani dan rakyat di wilayah ini semasa perang Jawa atau Pangeran Diponegoro berlangsung,” urai Heru saat diskusi bersama Tim.

 

Selanjutnya Heru menjabarkan dukungannya terhadap pengembangan Wisata Soret Ngrompang yang memiliki potensi begitu besar. "Kita bisa mengemas beberapa wisata, seperti wisata sejarah, taman buah, wisata edukasi, UMKM dan outbond, tandasnya. 

 

" Namun yang terpenting dari semua itu adalah" action", segera dijalankan langkah demi langkah dengan menggandeng pokdarwis, BUMKal dan masyarakat sekitar untuk bisa saling bersinergi memajukan Wisata Soret", tambahnya. 

 

Setelah dirasa cukup selanjutnya Tim Medsos PPID Pendowoharjo berpamitan dan mengucapkan terima kasih kepada Heru Siswanto yang telah mendukung program Pemerintah Kalurahan Pendowoharjo. (herzub) 

 

#Pendowoharjo 

#PrasajaSinubaSinukarta

Komentar atas Heru Siap Lambungkan Wisata Soret Ngrompang

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License