The Cosmological Axis Of Yogyakarta

heri subekti 11 Agustus 2022 05:48:10 WIB

PENDOWOHARJO---- Rabu (10/08/2022) Pemerintah Kalurahan Pendowoharjo yang diwakili Kepala Urusan Tata Laksana Ganang Nur dan Ketua Paguyuban Dukuh Pendowoharjo Mujadi menghadiri sosialisasi sumbu filosofis Yogyakarta di Aula Syeh Sewu Kapanewon Sewon. 

Kegiatan ini merupakan usaha dari Dinas Kebudayaan DIY melalui Balai Sumbu Filosofis untuk memperkenalkan kawasan sumbu filosofis.

Sumbu filosofis yang merupakan pengejawantahan sangkan paraning dumadi. Sangkan paraning dumadi adalah merupakan visualisasi dari perjalanan hidup manusia dari lahir hingga meninggal.

Di wilayah kapanewon Sewon sendiri terdapat salah satu titik ikon dari sumbu filosofis yaitu panggung krapyak atawa kandhang menjangan. Sumbu filosofis membujur dari panggung krapyak menuju kraton jogja hingga tugu golong gilig. 

Harapannya dalam sosialisasi ini DIY akan mencoba mendaftarkan lagi ke UNESCO setelah gagal pada medio 2020 yang lalu sebagai warisan budaya dunia. (GNR) 

Komentar atas The Cosmological Axis Of Yogyakarta

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License