Satu Lagi Potensi Wisata Yang Dimiliki Pendowoharjo 

heri subekti 17 Agustus 2022 22:06:47 WIB

PENDOWOHARJO---- Selain Taman Soret Ngrompang Pedukuhan Banyon dan wedi kengser Pedukuhan Ngaglik satu lagi wilayah yang memiliki potensi wisata mulai tersibak. 

Selasa (16/08/2022) Tim Medsos Pendowoharjo kembali melakukan perjalanan untuk mencari wilayah yang memiliki potensi untuk dijadikan tempat wisata. Pada kesempatan tersebut tim mengunjungi Pedukuhan Miri RT 27.

Miri RT 27 merupakan wilayah Pendowoharjo paling timur yang dilewati aliran sungai winongo dan berbatasan dengan Kalurahan Timbulharjo.

Pada kesempatan tersebut tim menemui 2 narasumber warga RT 27, yakni Andy Fathoni yang merupakan peserta pelatihan Pokdarwis dan Gunawan merupakan wakil ketua RT 27.

Tim disambut baik oleh Andy Fathoni di rumahnya yang sejuk dan asri. Dengan ditemani kopi, teh dan jajan pasar, diskusi berjalan santai. Andy Fathoni pria paruh baya yang akrab dengan sapaan mbah gondrong tersebut memulai perbincangan dengan menceritakan pengalamannya yang pernah menjadi pokdarwis merintis wisata di Riau.

Berdasar pengalaman tersebut Andy yakin RT 27 memiliki potensi wisata yang bisa diangkat. "Konsep yang akan diusung sudah kita siapkan, yakni outbound, permainan air, mural 3 dimensi dan permainan anak. Ya, untuk segmentasi sendiri kita menyasar anak-anak", ucap Andy.

Bukan tanpa alasan Andy melirik anak-anak sebagai segmentasi. "Wilayah kita memiliki banyak sekolah mulai PAUD sampai SD dan juga dekat dengan kota Yogyakarta. Kita sasar anak-anak maka orang tuanya otomatis akan mengikuti", terang Andy dengan penuh keyakinan.

Setelah dirasa cukup berdiskusi dan waktu sudah beranjak siang maka tim meminta narasumber untuk mengantar ke lokasi. Tim menyusuri dan mengamati setiap jengkal tanah dari utara menuju selatan, mulai dari jembatan sampai area persawahan sebelah selatan. 

Sepanjang perjalanan tersebut pemandangan asri dan sejuk ditambah gemercik air bisa dirasakan, beberapa lokasi juga elok untuk dijadikan spot foto. 

Namun memang masih sangat disayangkan banyak sampah terlihat di aliran sungai winongo tersebut, yang itu semua merupakan PR kita semua untuk membuatnya semakin indah bebas sampah. 

Dari potensi dan konsep yang akan dibuat, semua itu tidak mungkin bisa terwujud dengan sendirinya tanpa peran serta masyarakat, dukungan dari pemerintah dan instansi terkait. Untuk mewujudkannya menjadi nyata semua pihak harus terlibat aktif dan bersinergi. (herzub) 

 

Komentar atas Satu Lagi Potensi Wisata Yang Dimiliki Pendowoharjo 

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License