Kader Posyandu Sirkaya 1 Diro Belajar Bareng

heri subekti 12 September 2022 08:29:49 WIB

PENDOWOHARJO---- Minggu (11/09/2022) kurang lebih pukul 09.00 WIB dilakukan kegiatan rutin posyandu balita. Kegiatan yang dilakukan sampai pukul 11.00 WIB meliputi penimbangan berat badan, pengukuran tinggi badan, konsultasi kesehatan ibu, balita serta ibu hamil dan pemberian makanan tambahan bagi balita. Posyandu yang dilakukan di rumah Dukuh Diro tersebut dilaksanakan pada minggu kedua tiap bulan nya.

 

Seperti biasanya, setelah kegiatan posyandu berakhir, dilakukan evaluasi atas kegiatan yang baru saja dilaksanakan. Evaluasi melakukan pengecekan terhadap anggota balita yang tidak hadir pada periode bulan ini. Kemudian dilakukan konfirmasi kepada ibu dan balita terkait ketidak hadiran nya. "Kita lakukan checking kepada anggota posyandu yang tidak berangkat, biasanya kader akan menghubungi via WA kepada ibu balita tersebut," papar Ika Damayanti selaku ketua Posyandu Sirkaya 1 Diro. "Hal itu kita lakukan sebagai wujud tanggung jawab kami kepada masyarakat, terutama kepada ibu dan balita, "tamba Ika. "Kalau absen karena sakit, biasanya kita edukasi. Kadang ada juga yang absen karena lupa, itu nanti sebagai koreksi bagi kita apakah soaialisasinya tidak sampai, kurang optimal atau bahkan tidak sampai, sehinga kedepan kita bisa memperbaikinya," pungkas Ketua Posyandu Sirkaya 1 Diro tersebut.

 

Selain evaluasi, juga dilakukan diseminasi penggunaan alat screening kesehatan. Atau istilah lumrahnya transfer ilmu dalam menggunakan alat screening kesehatan. Pada kesempatan kali ini kader yang beberapa waktu lalu mendapat pelatihan dari Puskesmas Sewon 1 berupa training penggunaan alat cek gula darah, melatih kader yang lain. Sehingga tidak hanya satu orang kader saja yang dapat menggunakan alat-alat cek kesehatan, namun harapannya semua kader bisa mengoperasikan alat yang ada sesuai dengan penggunaannya dan sejalan dengan prosedur yang telah di tetapkan. (D13)

Komentar atas Kader Posyandu Sirkaya 1 Diro Belajar Bareng

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License