Antusiasme PosyandU Lansia Krandohan

Administrator 20 Oktober 2022 10:08:59 WIB

PENDOWOHARJO---- Dalam upaya mengatasi permasalahan lansia di Indonesia, pemerintah telah mengembangkan platform yang dapat melayani kebutuhan lansia. Dalam platform yang dibangun ini, para lansia diberikan layanan dan bimbingan yang dapat membantu mereka dalam memenuhi kebutuhan perawatan kesehatannya. Program ini disebut dengan Pos Pelayanan Kesehatan Terpadu Lansia (Posyandu Lansia).

Kegiatan yang bergerak dibidang kesehatan salah satunya posyandu lansia merupakan wadah yang sangat baik bagi warga khususnya lansia. Seperti melakukan penimbangan berat badan, cek tekanan darah, konsultasi keluhan yang dirasakan dan pemberian obat.

Terdapat 2 kelompok posyandu lansia di Padukuhan Krandohan yakni “Posyandu Lansia Wreda Mukti 1” dan “Posyandu Lansia Wreda Mukti 2". Posyandu Wreda Mukti 1 untuk lansia di RT 17, 18 dan 19, sedangkan Posyandu Wreda Mukti 2 untuk lansia di RT 15 dan 16 masing-masing posyandu diampu oleh 8 kader kesehatan dan dibantu tim medis dari Puskesmas Sewon 1.

Pada Selasa (18/10/2022) bertempat di rumah Dukuh Krandohan, kegiatan pemeriksaan kesehatan bagi lansia kembali dilaksanakan. Sejak pukul 09.30 WIB kader Posyandu Lansia serta dibantu petugas kesehatan dari Puskesmas Sewon 1 sudah siap untuk melakukan pemeriksaan kesehatan pada lansia yang begitu antusias mengikuti kegiatan ini.

Eni C.M, selaku Ketua kader Posyandu Lansia Wreda Mukti 1 merasa senang akan antusias para lansia.“Mereka begitu antusias dan bersemangat untuk datang ditengah hujan gerimis yang menghiasi langit Bantul, ini menunjukkan kepedulian para lansia yang ada di Padukuhan Krandohan terhadap kesehatannya cukup tinggi. Ini menjadikan spirit bagi kami kader-kader dan tim medis dari Puskesmas Sewon 1 untuk terus mengabdi dan berkontribusi untuk memberdayakan para lansia tersebut, karenanya penting bagi kita untuk menyadari bahwa kita pasti akan tua, sehingga perlu berupaya menghadirkan dunia yang layak bagi semua lansia. Dengan kematangan pola hidup dan pikirnya para lansia merupakan penjaga nilai yang menjadi tuntunan hidup antar generasi,” ujar Pelatih Senam Lansia, Eni C.M.

Dengan adanya Posyandu, kualitas hidup lansia di Padukuhan Krandohan tersebut diharapkan bisa meningkat dan risiko terjadinya keparahan penyakit akan berkurang. Lansia pun bisa hidup lebih tenang dan bahagia. Salam Sehat Selalu. (Adhi/Ifh)

#Pendowoharjo
#PrasajaSinubaSinukarta

Komentar atas Antusiasme PosyandU Lansia Krandohan

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License