Peningkatan Kapasitas Linmas Bareng Satpol PP Bantul

heri subekti 12 November 2022 08:35:14 WIB

PENDOWOHARJO---- Setelah Linmas inti Kalurahan resmi dilantik dan diberikan SK Bupati, maka diadakanlah kegiatan peningkatan kapasitas linmas, Jum'at siang, (11/11/2022) bertempat di Warung Sate Pak Krido, Jl. Cepit - Tembi, Bantul. Acara ini terselenggara berkat aspirasi Wakil Ketua DPRD Bantul, Subhan Nawawi, S.E. kerjasama dengan Satpol PP Bantul.

 

Hadir dalam kesempatan itu Wakil Ketua DPRD Bantul, Lurah Pendowoharjo, Kasie Jawatan Keamanan Sewon, Staf Jagabaya Pendowoharjo, Satpol PP Bantul dan linmas inti Kalurahan Pendowoharjo. 

 

Rujito, selaku Kasie Ketentraman dan Ketertiban Satpol PP Bantul memberikan pengarahan dan pemahaman terkait tugas pokok dan fungsi linmas. 

 

" Linmas itu sudah ada sejak zaman kolonial Belanda, dulu namanya DBD, lalu dibawah Menhankam Pangab ganti menjadi Wanra (Perlawanan Rakyat), Kamra (Keamanan Rakyat), setelah itu semenjak di bawah Kemendagri berubaha menjadi Hansip ( Pertahanan Sipil) lalu Linmas (Perlindungan Masyarakat) hingga saat ini, " jelas Rujito. 

 

Wakil Ketua DPRD Bantul, H. Subhan Nawawi, S.E., menambahkan bahwa peran linmas sangat penting dalam proses pembangunan masyarakat khususnya bidang keamanan dan ketertiban. Hal ini sesuai dengan UUD 1945 Pasal 30 yang menangani masalah bela negara. 

 

" Panjenengan semua itu resmi dan wajib memiliki KTA, seragam linmas lengkap dengan pendukungnya namun sekali lagi belum ada gajinya, sifatnya hanya sosial nggih, saya selaku Dewan hanya bisa membantu fasilitasi program seperti ini saja," ungkap Subhan. 

 

Lain halnya dengan Lurah Pendowoharjo H. Hilmi Hakimudin, S.Pd.I. yang memberikan sambutan apresiasi tinggi dan pengarahan atas peran linmas di tingkat Kalurahan. 

 

" Monggo Linmas Pendowoharjo agar segera merapat dan membentuk forum bulanan agar kita tahu kebutuhannya seperti apa, kemarin sudah kita anggarkan di APBKal, silakan digunakan agar programnya dapat terealisasi dengan baik. Regulasi yang ada saat ini, semua program harus terencana setahun bahkan 2 tahun sebelumnya, Monggo silakan berkolaborasi dengan organisasi lain seperti FPRB dan lain sebagainya terjalin sinergi baik ke depannya, " pungkas hilmi di akhir acara. 

 

Selepas acara, anggota linmas diberikan Kartu Tanda Anggota (KTA) dan dibentuk forum grup linmas WA di tingkat Kalurahan. Harapannya, segala hal yang berkaitan dengan koordinasi dan komunikasi dapat berjalan lancar.(sgt)

Komentar atas Peningkatan Kapasitas Linmas Bareng Satpol PP Bantul

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License