Berlatih Membuat Keramik di Pendowoharjo

Administrator 13 November 2022 21:29:41 WIB

PENDOWOHARJO---- Di sisi bagian paling utara Kalurahan Pendowoharjo, kita dapat belajar membuat keramik. Ya, di Kei Pottery tepatnya, di Blunyahan RT 48 Kalurahan Pendowoharjo. Dengan peserta maksimal 6 orang per kelasnya, kita diajari teknik-teknik pembuatan keramik dan melihat proses pembuatan maupun pembakaran yang memerlukan pembakaran 800 derajat Celsius dan 1200 derajat Celsius. Namun yang lebih penting, kita mendapatkan pengalaman dan pengetahuan teknik pembuatan keramik. Dengan bahan tanah hampir satu kilogram, akan mendapatkan hasil karya yang dapat disimpan di rumah peserta.

Demikian, di Pendowoharjo kita dapat belajar membuat keramik, sebagaimana Mbak Pipid dari PPID Kalurahan Pendowoharjo yang baru saja berlatih di sana, Sabtu (12/11/2022). Satu bentuk edukasi dan potensi di wilayah Kalurahan Pendowoharjo. Dari tanah dibentuk sesuai keinginan, dibakar, diberi warna. Setelah didiamkam sekian hari, hasil karya akan diglasir dan dibakar hingga menjadi hasil karya akhir dan dapat disimpan oleh peserta pelatihan.

Selain waktu 3 jam pelatihan, peserta dapat melihat proses hingga hasil akhir yang terpampang di showroom. Semoga UMKM kerajinan semacam Kei Pottery yang berada di wilayah Pendowoharjo semacam ini dapat berkembang dan memberi peran positif pada masyarakat sekitar. (may)

Komentar atas Berlatih Membuat Keramik di Pendowoharjo

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License