Perlunya Bimtek User Profil Desa untuk Pengisiaan Data Prodeskel

heri subekti 21 November 2022 20:57:23 WIB

PENDOWOHARJO---- "Berdasarkan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 47 th 2016 tentang Administrasi Pemerintahan Desa masih ada beberapa laporan yang belum diselesaikan oleh desa salah satunya profil desa," ujar Nanang Mujiyanto, S.STP. Kepala Bidang Pemerintahan Kalurahan pada Dinas Pemberdayaan Masyarakat Kalurahan (Dinas PMK) Kabupaten Bantul sebagai pembuka acara pada hari Senin (21/11)2022) di Perupustakaan Daerah Bantul. 

Telah ada anggaran untuk updating profil desa namun profil desa datanya banyak yang tidak terupdate. Ada kendala apa anggaran sudah dicairkan tapi profil tidak terselesaikan? Itu menjadi dasar dari Dinas PMK untuk melakukan bimtek user profil desa. 

Sekretaris Dinas PMK, Drs. Kurniantara mengatakan, "profil desa dari dulu sampai sekarang masih dipertahankan, karena data dalam profil sangat lengkap."

Data profil desa sebagai dasar perencanaan, pelaksanaan pembangunan dan juga sebagai dasar evaluasi, maka harus benar-benar diisi sesuai dengan yang sebenarnya. Karena pentingnya data, maka dalam perencanaan pembangunan harus berbasis data. Setiap lurah harus tahu kondisi masyarakatnya (berapa jumlah bumil risti, jumlah penduduk difable dsb), harus tau kondisi wilayahnya (berapa meter jalan rusak).

Acara ditutup dengan bimbingan teknik (bimtek) oleh Balai pemdes DIY dan setiap peserta (user profil) diharuskan membuka prodeskel Kalurahan masing-masing.

Sebagai catatan setelah proses data dimasukkan (di entry) ke aplikasi, maka sistem akan melakukan perhitungan nilai/skoring setelah jam 12 malam dan akhir masa skoring tanggal 30 Desember setiap tahunnya. Dalam dalam mengkopi data sehari hanya bisa 1 kali, jika mau mengkopi lagi bisa dilakukan di hari selanjutnya.

Soft file data potensi desa dikirim melalui email ke bidangkalurahan@gmail.com sebelum tanggal 30 Desember 2022. (Ifh)

Komentar atas Perlunya Bimtek User Profil Desa untuk Pengisiaan Data Prodeskel

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License