Sosialisasi Kesehatan Ibu dan Anak

Administrator 06 Desember 2022 21:46:52 WIB

PENDOWOHARJO---- Dalam rangka untuk mendukung peran aktif kader Posyandu Balita dan bentuk komitmen Pemerintah Kabupaten Bantul, Dinas Kesehatan Kabupaten Bantul menggelar Sosialisasi Kesehatan Ibu dan Anak serta penyerahan bantuan alat antropometri kit pada Senin (05/12/2022).

Kegiatan ini berlangsung di Gedung Evakuasi Balai RT.06 Bangmalang Padukuhan Cepit Pendowoharjo Sewon Bantul dengan dihadiri oleh Eko Sutrisno Aji (anggota DPRD Bantul), Samsu Aryanto, S.KM., M.PH. (mewakili Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bantul), Sumarno, S.E (mewakili Panewu Sewon), Lurah Pendowoharjo, Tri Budi Asih (Puskesmas Sewon 1), Dukuh Cepit, Dukuh Krandohan, Ketua RT.06, Karang Taruna serta ibu-ibu kader Posyandu yang ada di Padukuhan Cepit dan Krandohan.

Sebelum kegiatan sosialisasi dimulai, dilakukan penyerahan bantuan alat antropometri kit kepada kader posyandu Apokat Cepit dan Manggis Krandohan. Antropometri kit merupakan alat wajib dimiliki oleh setiap posyandu untuk membantu mendeteksi dini masalah stunting pada balita. Alat ini terdiri dari pengukur tinggi badan dewasa dan anak, pengukur tinggi badan bayi, timbangan bluetooth digital bayi dan anak, timbangan bluetooth digital dewasa dan anak, pita pengukur lingkar lengan atas dan kepala, matras, dan 1 set tas antropometri.

Bantuan antropometri kit ini sangat dibutuhkan dalam upaya mendeteksi stunting pada balita. Harapan saya kader-kader kami di Posyandu bisa memakai alat ini dengan benar karena kurang atau lebih 0,5 cm pun menjadi penentu stunting atau tidaknya anak,” ungkap Tri Budi Asih.

Setelahnya dilanjutkan dengan praktik pengukuran antropometri yang dilakukan kepada anak yang masih balita. Dengan adanya sosialisasi ini diharapkan kader lebih percaya diri untuk melakukan pengukuran antropometri karena sudah dibekali dengan pengetahuan dan praktik langsung sehingga nantinya pengukuran yang dilakukan menjadi lebih akurat.(cpt01)

Komentar atas Sosialisasi Kesehatan Ibu dan Anak

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License