Dusun Monggang Mendapatkan Pelatihan Pengelolaan Sampah

heri subekti 07 Desember 2022 11:07:54 WIB

PENDOWOHARJO---- Rabu pagi (07/12/2022) yang cerah warga Padukuhan Monggang berduyun-duyun berkumpul di rumah Dukuh Monggang, Budik Ardiadi, A.Md dalam rangka mengikuti acara pelatihan pengelolaan sampah yang diselenggarakan oleh Pemerintah Kalurahan Pendowoharjo.

Hadir dalam acara tersebut Carik, Ulu-ulu, Panitia Pelaksana, Dukuh Monggang, Narasumber, Tokoh Masyarakat beserta bapak-ibu warga Monggang.

Pelatihan pengelolaan sampah tersebut mendatangkan narasumber Bayu Imamtoko yang merupakan owner dari resikplus. Resikplus sendiri mulai dirintis oleh Bayu saat masih duduk di bangku kuliah tahun 2007, kemudian diinisiasi menjadi usaha dan komunitas pada tahun 2012 saat Indonesia dinyatakan darurat sampah.

Dalam kesempatannya Dukuh Monggang, Budik Ardiadi menyampaikan "Tahun ini Tempat Pembuangan Sampah Sementara (TPSS) sudah dibangun melalui program PPBMP, namun akses menuju lokasi masih perlu banyak pembenahan", ucap Budik.

"Selain itu Pedukuhan Monggang juga memulai pengelolaan sampah dengan program sedekah sampah. Yakni dengan mengumpulkan botol-botol bekas, kemarin sudah terkumpul sekitar 1 colt, kemudian kita jual dan mendapat hasil sekitar 200 ribuan, selanjutnya dana tersebut akan dipergunakan untuk sosial, seperti posyandu dan lain sebagainya" tambah Budik dengan penuh semangat.

Sementara Ulu-ulu, Sunaryanta menyampaikan bahwa acara semacam ini tidak semua Pedukuhan mendapatkannya. "Acara ini bersumber dari anggaran dana desa melalui musyawarah pembangunan tingkat desa dalam rangka mendukung Bantul Bersama (bersih sampah) 2025", ucap Sunaryanta.

Dalam kesempatan yang sama Sunaryanta juga menyampaikan bahwa TPS piyungan yang luasnya 12 hektar sudah penuh, menumpuk dan tidak terolah. Sedangkan anggaran Kabupaten tidak mampu untuk menyelesaikan permasalahan tersebut. "Harapan kedepan permasalahan sampah bisa teratasi pada tingkat kalurahan. Kami apresiasi untuk warga Monggang yang sudah memulai program sedekah sampahnya", tambah Sunaryanta.

Selanjutnya materi lebih mendalam terkait pengelolaan sampah disampaikan oleh narasumber Bayu Imamtoko (resikplus). Dan dilanjutkan sesi diskusi tanya jawab dari para peserta. 

Banyak hal yang disampaikan oleh narasumber, banyak pengetahuan baru yang didapat oleh para peserta sehingga harapan kedepan masyarakat ikut berperan aktif untuk mensukseskan Bantul Bersih Sampah 2025 dan menjadikan bumi tetap lestari. (herzub)

 

#Pendowoharjo

#PrasajaSinubaSinukarta 

Komentar atas Dusun Monggang Mendapatkan Pelatihan Pengelolaan Sampah

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License