Optimis 77% Naik dan Pertahankan Gelar

Administrator 30 Januari 2023 15:35:09 WIB

PENDOWOHARJO----Acara sosialisasi PBB P2 Tahun 2023 dimulai pukul 09.15 WIB oleh Sdr. Hari Santosa. Dihadiri oleh Lurah Pendowoharjo, tim PBB beserta dukuh-dukuh se-Pendowoharjo, Panewu Sewon beserta Kepala Jawatan Kapanewon Sewon, Kasub Bid. Penagihan dan Pengembangan BPKPAD Bantul, dan KPK Kapanewon Sewon.

Lurah Pendowoharjo, bapak H. Hilmi Hakimudin, S.Pd.I. menyampaikan bahwa SPPT PBB tahun ini sedikit berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya yaitu tercantum pula piutang PBB tahun 2018 s.d. 2022 yang belum terbayarkan. Diharapkan, bapak-ibu dukuh tidak kendor semangatnya untuk melakukan penagihan namun justru tambah semangat lagi.

Sambutan dari KPK Sewon, Bapak Marjiyanto, menyampaikan bahwa honor pembagian struk dan NJOP masih sama dengan tahun lalu. Minimal pencapaian realisasi PBB kalurahan sebesar 77% untuk mendapatkan reward kabupaten.

Ibu Herwina Dian selaku Kasub Bid. Penagihan BPKPAD Bantul menambahkan, SPPT PBB yang dobel objek maupun tidak ada objeknya, silakan untuk dilist dan dilampirkan SPPT PBB nya untuk difollow up di bagian pendataan. Pernyataan tersebut menjawab masalah yang disampaikan oleh Dukuh Rogoitan bahwasanya ada SPPT PBB induk yang masih saja muncul padahal sudah dipecah dan beberapa kali diajukan penghapusan tapi tidak juga terhapus. Begitu pula Dukuh Blunyahan yang menyampaikan bahwa ditemukan 2 lembar SPPT PBB yang tidak diketahui objek pajaknya maupun pemiliknya.

Danarta Pendowoharjo, Hari Santosa, A.Md., menyampaikan pula bahwa presentase realisasi PBB beserta nominalnya untuk reward PBB kategori 1, 2, 3 telah disepakati bersama masih tetap / tidak ada perubahan. Peta blok PBB yang terbaru sedang dimintakan ke BPKPAD, secepatnya akan segera dicetak A3 untuk dibagikan ke dukuh-dukuh. Misalkan ada letak objek yang tidak sesuai dengan SPPT PBB nya, bisa segera dilakukan perubahan di bulan Februari, termasuk juga SPPT PBB tanah kas dan lungguh yang disesuaikan dengan inventarisasi tanah beberapa waktu lalu, setelah itu baru diajukan pengurangan SPPT PBB yang jatuh tempo di bulan Juni. (GNR)

Komentar atas Optimis 77% Naik dan Pertahankan Gelar

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License