MMD Solusi Masalah Kesehatan Warga Kalurahan

heri subekti 01 Februari 2023 22:45:56 WIB

PENDOWOHARJO---- Musyawarah Masyarakat Desa (MMD) merupakan pertemuan perwakilan warga desa beserta tokoh masyarakat dengan para petugas kesehatan untuk membahas hasil Survei Mawas Diri. Juga merencanakan penanggulangan masalah kesehatan yang diperoleh dari hasil survei mawas diri. Musyawarah Masyarakat Desa bertujuan diantaranya untuk mengenal dan mengetahui masalah kesehatan di wilayah tertentu, penanggulangan permasalahan, menjembatani masyarakat dalam menyusun rencana kerja untuk menanggulangi masalah kesehatan, dan melaksanakan desa siaga dan pos kesehatan desa.

 

Rabu (01/02/23) pagi kurang lebih pukul 09.00 WIB, bertempat di Warung Omah Sawah Miri dilaksanakan Musyawarah Masyarakat Desa (MMD). MMD yang digagas oleh Puskesmas Sewon 1 dihadiri oleh warga dua kalurahan yang merupakan dampingan dari puskesmas sewon 1, yaitu Kalurahan Pendowoharjo dan Kalurahan Timbulharjo. Hadir pada kesempatan tersebut Kepala Puskesmas Sewon 1 beserta staf, Lurah Pendowoharjo beserta Pamong, Lurah Timbulharjo beserta Pamong, Bhabinsa, Bhabinkamtibmas, perwakilan kader dari Kalurahan Pendowoharjo dan Timbulharjo.

 

MMD diawali dengan sambutan oleh Lurah Pendowoharjo dan Lurah Timbulharjo dengan menguraikan tujuan MMD dan menghimbau seluruh peserta agar aktif mengemukakan pendapat dan pengalaman sehingga membantu pemecahan masalah yang dihadapi bersama. Kemudian dilanjutakan penyajian hasil survei mawas diri yang beberapa waktu lalu telah disebar melalui google form kepada warga di dua Kalurahan. Hasil dari SMD kemudian didiskusikan kepada peserta musyawarah yang telah dibagi dalam kelompok-kelompok kecil tiap Kalurahan. Dari diskusi inilah didapati perumusan dan penentuan prioritas masalah kesehatan atas dasar pengenalan masalah kesehatan dan hasil SMD. Kemudian dilanjutkan dengan rekomendasi teknis dari petugas kesehatan Puskesmas Sewon 1 untuk memecahkan masalah yang berkaitan dengan kesehatan di masing-masing wilayah Kalurahan.

 

Beberapa masalah kesehatan yang menjadi prioritas bagi Kalurahan Pendowoharjo dalam MMD kali ini antara lain masalah penanganan sampah, hipertensi, stunting pada anak, penanggulangan bencana, merebaknya TB di masyarakat, pendampingan serta regenerasi kader kesehatan. (Kolabs)

Komentar atas MMD Solusi Masalah Kesehatan Warga Kalurahan

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License