Pelatihan Pengelolaan Sampah Dusun Diro dan Banyon

heri subekti 24 Mei 2023 19:23:31 WIB

PENDOWOHARJO---- Lewat Dana PIK (Pagu Indikatif Kecamatan) usulan tahun 2022 terealisasi sesuai usulan masyarakat yaitu berupa Pelatihan Pengelolaan Sampah melalui Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Bantul. 

Pelatihan dilaksanakan selama 3 hari Senin s/d Rabu 22 -24 Mei 2023 bertempat Balai Pertemuan Perumahan Kasongan Permai Pendowoharjo Sewon Bantul. 

Pelatihan yang diikuti 30 orang ini diperuntukan warga Pedukuhan Diro dan Banyon yang didominasi ibu-ibu PKK. 

Pelatihan dibuka dan sekaligus narasumber Lurah Pendowoharjo H. Hilmi Hakim udin, S. Pd. I dan dilajutkan dengan narasumber yang telah ditunjuk oleh DLH. 

"Berbagai upaya Pemerintah Pendowoharjo untuk mendukung Bsntul BERSAMA tahun 2025 baik pendanaan atau eksen tapi kalau tidak ada dukungan dan kesadaran masyarakat untuk mengelola sampah dari sumbernya mustahil akan berhasil. Untuk itu Hilmi sangat berharap setelah pelatihan ini peserta dapat menjadi pelopor pengelola sampah disusunya. "kata Hilmi. 

Adapun materi yang lain yakni cara pengolahan sampah organik, non organik.Cara pembuatan pupuk dari sampah organik, memelihara magot dan pengolahanya, cara pembuatan hiasan dari sampah atau barang bekas dan lain-lain. 

Kabit Pengolahan Sampah DLH Bantul Rudy menyampaikan bahwa prinsipnya adalah sampah harus terpisah sesuai jenisnya dari mulai rumah tangga. Kalau masyarakat sudah memiliki kesadaran seperti itu sampah akan dikemanakan itu akan dikelola dengan mudah. "katanya.

SAMPAH KU TANGGUNGJAWABKU. (UMR)

Komentar atas Pelatihan Pengelolaan Sampah Dusun Diro dan Banyon

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License