Padukuhan Miri Serempak Gelorakan Gerakan Sedekah Sampah

heri subekti 06 Juli 2023 23:14:46 WIB

PENDOWOHARJO---- Pasca pelatihan pengelolaan sampah yang telah diselenggarakan oleh Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bantul di Padukuhan Miri bulan Mei lalu. Sebagai tindak lanjut dari program tersebut kini di Pedukuhan Miri sudah terbentuk 4 kelompok pengelola sampah mandiri, yakni RT 23, RT 24, RT 25-26 dan RT 27.

Semua kelompok tersebut sudah memulai pengelolaan sampah anorganik di lingkungan masing-masing dengan gerakan sedekah sampah, pengumpulannya dilakukan setiap 2 (dua) minggu sekali. Apabila sudah terkumpul akan dijual kepada pengepul, selanjutnya dana yang terkumpul akan dikelola untuk kegiatan sosial pemberian santunan kepada janda, fakir miskin atau yatim piatu. 

Pada hari ini Kamis (06/07/2023) kelompok pengelola sampah di RT 24 melakukan pemilahan sampah bertempat di rumah Ngatijan (Ketua KPSM), mulai dari pukul 08:00 wib warga hilir-mudik menyetorkan sampahnya yang sudah terkumpul di rumah masing-masing. Selanjutnya pengurus dengan dibantu warga yang menjadi relawan melakukan pemilahan sampah sesuai jenisnya.

Harapannya dengan gerakan semacam ini dapat melatih kepedulian masyarakat tentang pengelolaan sampah sehingga mampu mendukung program Bantul Bersama 2025 serta dapat mengubah sampah menjadi berkah. (herzub)

Komentar atas Padukuhan Miri Serempak Gelorakan Gerakan Sedekah Sampah

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License