Tradisi Wiwitan dan Tyto Alba Menjadi Bahasan Utama Dalam Pertemuan Tirto Rahayu I

heri subekti 29 Juli 2023 12:37:28 WIB

PENDOWOHARJO---- Pertemuan rutin para petani pemakai air yang tergabung dalam kelompok Tirto Rahayu I digelar pada Jum'at sore (28/07/2023) bertempat di rumah simbah Radio Sawahan. Turut hadir dalam acara tersebut Dukuh Sawahan, Dukuh Miri, Pengurus beserta para anggota paguyuban.

Acara tersebut diawali dengan amaliah dzikir tahlil, setelah itu dipanjutkan pembahasan seputar masalah pertanian meliputi irigasi, pupuk dan hama.

Fokus pembahasan dalam pertemuan kali ini membahas dua hal yang dirasa krusial, yakni hama tikus yang terus merajalela dan agenda tradisi wiwitan.

Terkait dengan hama tikus terdapat fakta yang menarik. "Bulak sawah di selatan makam miri kulon ternyata minim sekali terjadi serangan tikus, hal itu dikarenakan disana terdapat" tyto alba" yakni burung hantu pemangsa tikus sawah yang bersarang di salah satu rumah warga", jelas Tumingal saat memberikan keterangan.

"Untuk itu mari kita coba sediakan gupon (rumah burung hantu) sebagai tempat bertengger, syukur-syukur bisa menjadi tempat perkembang biak si tyto alba. Teknisnya seperti apa nanti kita sebarkan kepada para petani supaya bisa ikut berperan", tambah Tumingal dengan penuh semangat.

Sementara untuk mengadakan tradisi wiwitan akan diadakan di bulak barat TK PKK 21 pada masa panen sekarang, kurang lebih sekitar 20 hari lagi. "Untuk pembahasan secara terperinci acara wiwitan tersebut nanti kita adakan lagi pertemuan di awal Agustus", kata Imam Suyuti, Ketua Tirto Rahayu I. (herzub) 

Komentar atas Tradisi Wiwitan dan Tyto Alba Menjadi Bahasan Utama Dalam Pertemuan Tirto Rahayu I

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License