Merti Dusun di Bandung, Meriah

Administrator 26 Agustus 2023 11:11:35 WIB

PENDOWOHARJO---- Merti Dusun Padukuhan Bandung digelar Sabtu (26/03/2023) di lapangan setempat berlangsung meriah sejak pagi pukul 07.00 WIB. Tak kurang dari 12 kelompok Dasa Wisma yang tersebar di 3 RT Padukuhan Bandung, mengarak gunungan dalam acara kirab budaya. Kirab dilaksanakan mengelilingi Padukuhan dan kembali lagi ke lapangan voli untuk dilakukan doa bersama, baru kemudian gunungan dirayah oleh segenap masyarakat Bandung.

Selain Kirab Budaya, rangkaian lain dari merti dusun adalah kenduri di sore harinya dan pagelaran wayang kulit di malam harinya (Sabtu malam) dengan dalang Ki Sigit Manggolo Saputro. Rangkaian kegiatan budaya ini meneguhkan Padukuhan Bandung sebagai salah satu titik kebudayaan dengan adat-istiadatnya, memperkaya khasanah budaya yang ada di Kalurahan Pendowoharjo. (may)

Komentar atas Merti Dusun di Bandung, Meriah

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License