Pelatihan Optimalisasi Potensi Lokal Mandhira Berkah

Administrator 19 Oktober 2023 15:17:03 WIB

PENDOWOHARJO---- Kelompok Wanita Tani (KWT) merupakan salah satu kelembagaan petani yang mana para anggotanya terdiri atas wanita yang berkecimpung dalam kegiatan pertanian. Baik pertanian dengan lahan luas maupun pertanian yang mengandalkan lahan sempit tanah pekarangan.

Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan menghimpun para wanita baik istri petani maupun ibu rumah tangga yang berada di usia produktif di Padukuhan Diro untuk dibentuk sebuah Kelompok Wanita Tani (KWT). Atas dukungan dari Aryunadi SE, anggota DPRD Kabupaten Bantul, yang merupakan anggota Komisi B, KWT Mandhira Berkah berhasil dibentuk dan telah mendapatkan register dari Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian.

KWT dibentuk untuk meningkatkan ketahanan pangan di Padukuhan Diro Kalurahan Pendowoharjo. Selain itu, tujuan dibentuknya Kelompok Wanita Tani (KWT) adalah untuk meningkatkan perekonomian padukuhan melalui pekarangan yang ditanam dengan berbagai jenis tanaman, seperti sayur, rempah rempah, dan buah. Hasil tanaman tersebut dapat diolah untuk kebutuhan internal ataupun dijual.

Untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia KWT Mandhira Berkah, diadakan pelatihan optimalisasi potensi lokal bertempat di pendopo bp. Hari Andrianto Diro RT 58. Selama dua hari, Rabu dan Kamis (18-19/10/2023) anggota KWT Mandhira Berkah diberikan pelatihan optimalisasi potensi lokal berupa pembuatan kripik tempe dan egg roll tempe. Pelatihan di ikuti oleh 30 anggota KWT Mandhira Berkah dengan menghadirkan pelaku usaha yang juga merupakan pengurus KWT Kabupaten Bantul. Diharapkan dengan pelatihan ini, kegiatan KWT Mandhira Berkah dapat bervariasi sehingga bisa meningkatkan kesejahteraan anggotanya. (D13)

Komentar atas Pelatihan Optimalisasi Potensi Lokal Mandhira Berkah

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License