Dana PPBMP Padukuhan Blunyahan untuk Peningkatan Kapasitas Pengelolaan Sampah

heri subekti 31 Oktober 2023 09:26:05 WIB

PENDOWOHARJO---- Senin malam (30/10/2023) bertempat di SD N Blunyahan 1, diadakan kegiatan peningkatan kapasitas pengelolaan sampah rumah tangga. Hadir dalam kesempatan kali ini Kaur Pangrita, Dukuh Diro, Bayu Imamtoko, Dukuh Blunyahan, Kader serta tokoh masyarakat di padukuhan Blunyahan.

"Kegiatan ini merupakan usulan padukuhan dalam musdus tahun 2022 yang lalu dan dilaksanakan tahun ini yaitu Program Pemberdayaan Berbasis Padukuhan atau biasa disebut PPBMP, dimana tahun ini ada 3 Padukuhan yang mengusulkan peningkatan kapasitas pengelolaan sampah yaitu Blunyahan, Dagen dan Sawahan," ujar Siti Musrifah selaku wakil dari Pemerintah Kalurahan.

"Kita apresiasi kepada warga Blunyahan yang telah mengusulkan kegiatan ini, dimana pada tahun 2024 TPA Piyungan akan ditutup permanen, sehingga diharapkan sampah berhasil diatasi ditingkat Kalurahan terkhusus Padukuhan masing-masing," tambahnya.

Sampah sendiri merupakan permasalah yang sangat urgent dan perlu diselesaikan bersama. Kita yang menghasilkan sampah, maka kita sendiri yang harus mengelolanya. 

Hasil dari sampah pada dasarnya ada 2 yaitu bau dan tumpukan. Bau sendiri berasal dari sisa makanan, sedangkan tumpukan dari wadah atau tempat makanannya seperti kardus, plastik, sendok.

Kendala utama di Padukuhan Blunyahan adalah soal tanah atau tempat untuk pengelolaan. Namun, akan dicari solusi bersama dengan disosialisasikan ke semua warga di Blunyahan.

Dari pelatihan ini, diharapkan masyarakat semakin cerdas dan pandai dalam mengelola sampahnya sendiri. 

Salam Prasaja Sinuba Sinukarta 

#theGrowWithPendowoharjo (ifh)

Komentar atas Dana PPBMP Padukuhan Blunyahan untuk Peningkatan Kapasitas Pengelolaan Sampah

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License