Berkomunikasi dengan Bahasa Cinta

heri subekti 05 November 2023 21:35:58 WIB

PENDOWOHARJO---- Meskipun sudah menjadi orang tua, banyak yang belum paham betul mengenai makna parenting. Tema mengenai parenting memang menarik untuk dibahas. Tetapi banyak yang belum tahu mengenai arti dan makna parenting sesungguhnya. Padahal, bekal parenting wajib dimiliki oleh orang tua dan calon orang tua. Jadi meskipun anak masih bayi atau bahkan masih di dalam perut, jangan ragu untuk belajar parenting.

 

Parenting diambil dari sebuah kata bahasa Inggris yaitu ‘parent’, yang berarti orang tua. Sedangkan dalam bahasa Inggris, kata imbuhan ing memiliki arti ‘kata kerja’ yang maknanya sedang melakukan sesuatu. Jadi jika dilihat dari makna parenting berdasarkan kosakata aslinya, arti parenting adalah orang yang sedang melakukan atau mengerjakan aktivitas sebagai orang tua. Selanjutnya kata parenting berdasar makan atau arti merupakan ilmu tentang mengasuh, membimbing, serta mendidik anak dengan cara baik dan benar. Orang tua merupakan madrasah pertama bagi anak-anaknya, oleh karena itu sebelum membimbing dan mengasuh anak, orang tua harus memiliki ilmu terlebih dahulu.

 

Bertempat di salah satu rumah kader kesehatan padukuhan Diro, Sabtu (04/11/2023) kurang lehih pukul 16.00 WIB diselenggarakan seminar Parenting yang merupakan agenda yang telah di rencanakan melalui program PPBMP Padukuhan Diro. Hadir dalam acara tersebut Dukuh Diro, Ketua Kelompok PKK Padukuhan Diro, Kader kesehatan Padukuhan Diro dan warga masyarakat Padukuhan Diro. Dalam sambutannya, Dukuh Diro mengucapkan banyak terimakasih kepada kader kesehatan Padukuhan Diro yang telah menjadi panitia pelaksana seminar parenting kali ini. "Kami ucapkan terimakasih kepada ibu-ibu kader yang telah mempersiapkan segala sesuatunya sehingga terlaksana kegiatan seminar parenting ini. Semoga program pemberdayaan masyarakat ini bermanfaat bagi warga masyarakat Padukuhan Diro," papar Dukuh Diro. "Kegiatan ini menggunakan alokasi dana PPBMP yang telah direncanakan dalam Musyawarah Padukuhan Diro tahun 2022 yang lalu. Alhamdulillah bisa kita realisasikan," pungkas Nugroho mengakhiri sambutannya. 

 

Seminar parenting di Padukuhan Diro mengundang narasumber seorang psikolog sekaligus Kepala Sekolah SMPIT Ar Raihan Bantul, Early Utami, S.Psi., MA. Tema seminar parenting pada kesempatan kali ini adalah kiat mendidik anak untuk melejitkan potensi. Menurut Early Utami, untuk melejitkan potensi anak, hal yang penting dilakukan oleh orang tua adalah berkomunikasi dengan bahasa cinta. Hal ini penting dilakukan oleh orang tua, baik bapak ibu kandung, kakek nenek, tenaga pendidik, maupun siapa saja yang dianggap tua. Kepala sekolah SMPIT Ar Raihan Bantul tersebut menjelaskan ada 5 point berkomunikasi dengan bahasa cinta. "Ibu-ibu semuanya, kita sebagai orang tua baik sebagai ibu dari anak-anak kita, nenek dari cucu-cucu kita musti paham dengan pola asuh anak masa kini. Terutama untuk melejitkan potensi anak, kita perlu melakukan pola asuh dengan kasih sayang, dengan bahasa cinta," papar Luluk, sapaan akrab Early Utami. "Ada 5 (lima) bahasa cinta dalam parenting yang bisa kita terapakan. Pertama berkomunikasi dengan sentuhan, kedua dengan kata-kata tegas, ketiga berkomunikasi dengan memberikan waktu yang berkualitas, keempat berikan hadiah walau sekecil apapun dan yang kelima adalah memberikan pelayanan kepada anak dengan tulus tanpa syarat," lanjut Early. "Dengan menerapkan 5 point diatas, insyaAllah anak-anak kita akan mendapatkan kasih yang yang optimal yang nanti berdampak pada kualitas hidup mereka yang lebih baik, untuk menyongsong masa depan yang lebih kompleks lagi," tutup Early Utami yang juga merupakan guru Bimbingan Konseling di SMPIT Ar Raihan Bantul tersebut. (D13)

Komentar atas Berkomunikasi dengan Bahasa Cinta

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License