Keakraban Ala Kader Posyandu Remaja Sirkaya

heri subekti 11 November 2023 19:39:17 WIB

PENDOWOHARJO---- Keakraban didefinisikan sebagai ikatan emosional positif dimana didalamnya termasuk saling pengertian dan dukungan. Keakraban terjadi pada sebuah persahabatan yang terjalin dengan baik, meliputi orang-orang yang saling menyukai, menyenangi kehadirannya satu sama lain, memiliki kesamaan minat dan kegiatan, saling membantu dan memahami, saling mempercayai, menimbulkan rasa nyaman dan saling menyediakan dukungan emosional (Argyle & Henderson-1997).

Keakraban adalah sebuah hubungan yang dilakukan oleh seseorang dengan orang lain untuk mendapatkan sebuah kedekatan yang bermanfaat untuk mereka. Keakraban adalah hubungan yang berkembang antar individu sebagai hasil interaksi mereka melalui komunikasi.

Kesimpulannya adalah bahwa keakraban merupakan berfungsinya secara positif, timbal balik dan terbentuknya komitmen dalam suatu hubungan antara dua atau lebih individu yang mampu mengatasi segala konflik yang ada. Sehingga hubungan yang sudah terjalin akan menyebabkan seseorang mendapatkan dampak positif dan bermanfaat untuk lingkungan pendidikan serta lingkungan sosialnya.

Sabtu (11/111/2023) kader Posyandu Remaja Sirkaya Diro melakukan kegiatan keakraban. Kegiatan kali ini agak berbeda, karena dilakukan di luar Padukuhan Diro. Bergerak kearah selatan sejauh 23 Km dari Padukuhan Diro dengan menggunakan armada bus medium, kader Posyandu Remaja Padukuhan Diro menuju pantai Tall Wolu sekitar pukul 05.30 WIB.

11 (sebelas) orang kader Posyandu Remaja, didampingi kader senior dan ketua kelompok PKK Padukuhan Diro, bercengkrama dengan santai ala anak muda kekinian. Meskipun hanya 11 orang kader yang dapat ikut dari 20 orang formasi lengkap kader, namun tidak mengurangi nilai kegiatan yang berlangsung.

Menurut ketua Posyandu Sirkaya Diro, Aisyah Nurul Hidayati ketika dikonfirmasi terkait kegiatan tersebut menjelaskan tujuannya untuk menambah kesolidan kader Posyandu Remaja Sirkaya Diro. "Kita kesini (pantai Tall Wolu-red) untuk refreshing, dan biar lebih akrab lagi," terang Aisyah. "Acaranya senang-senang saja biar teman-teman tidak bosen, lihat suasana baru di pantai sambil masak-masak dan koordinasi kecil," tambah Aisyah. "Kami ucapkan terimakasih kepada bu dukuh dan pak dukuh yang telah menemani dan mensponsori kegiatan pada pagi hari ini, semoga bisa memberikan semangat bagi kami dalam setiap kegiatan," pungkas tenaga pengajar di PAUD Uswatun Hasanah tersebut. (D13)

Komentar atas Keakraban Ala Kader Posyandu Remaja Sirkaya

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License