Tabungan Sampah Ibu-ibu RT 56 Diro

heri subekti 14 November 2023 18:14:15 WIB

PENDOWOHARJO---- Menabung pada dasarnya adalah menyisihkan sebagian pendapatan hari ini untuk mengantisipasi kebutuhan di masa depan, baik yang tak terduga maupun yang terduga. Beberapa dekade silam, menabung identik dengan menempatkan dana di rekening bank. Namun beda halnya dengan tabungan yang dilakukan oleh ibu-ibu Kelompok PKK RT 56 Padukuhan Diro. Mereka tidak menabung uang di bank, namun ibu-ibu RT 56 menabung sampah yang di hasilkan rumah tangga. Sampah yang ditabung adalah sampah yang laku jual. Seperti kardus, duplek, botol plastik, botol kaca dan barang-barang bekas lain yang sudah tidak dipakai.

 

Kegiatan ini merupakan upaya warga Padukuhan Diro untuk mengurangi sampah yang dihasilkan. Tabungan sampah yang telah di sepakati oleh ibu-ibu tersebut karena di Padukuhan Diro sudah terbentuk Kader Lingkungan/Kader sampah. Kader lingkungan/sampah yang dibentuk oleh Pemerintah Kalurahan tersebut bertugas memberikan support, transfer informasi, termasuk menyampaikan kebijakan dari pemerintah di atasnya. Sebagai informasi, kader lingkungan belum semua dibentuk di semua padukuhan di Kalurahan Pendowoharjo. Untuk saat ini baru 8 padukuhan yang dibentuk kader lingkungan.

 

Mingu (12/11/2023) kelompok PKK RT 56 mengumpulkan sampah rumah tangga yang laku jual/rosok di salah satu rumah warga. Setelah di klasifikasikan dalam berbagai jenis tertentu, kemudian dijual di pengepul. Uang hasil penjualan nanti akan di catat dalam buku tabungan, dan di sharing ke kas PKK RT dan individu pemilik sampah. Kegiatan yang baru berjalan perdana ini mendapat sambutan yang sangat antusias dari warga masyarakat. Terbukti banyak yang ikut andil dalam mengumpulkan sampah. Semoga tetap istiqomah untuk mengurangi sampah di Padukuhan Diro. (D13)

Komentar atas Tabungan Sampah Ibu-ibu RT 56 Diro

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License