Sosialisasi Kesiapsiagaan Bencana Hidrometeorologi di Kabupaten Bantul Tahun 2023/2024

heri subekti 06 Desember 2023 19:05:23 WIB

PENDOWOHARJO---- Bertempat di Pendopo Kompleks Perkantoran Manding dilakukan giat Sosialisasi Kesiapsiagaan Bencana Hidrometeorologi Fase Siaga Darurat Bencana Banjir, Tanah Longsor, dan Angin Kencang yang ada di Kabupaten Bantul Tahun 2023/2024, Rabu, (06/12/2023). 

 

Kegiatan ini dinisiasi oleh BPBD Kab. Bantul dengan menghadirkan narasumber dari BMKG dan Tim Basarnas. Peserta yang terlibat diantarnya Komandan Kodim 0729 Bantul, Kapolres Bantul, OPD, Panewu, Lurah, Danramil, Kapolsek se-Kabupaten Bantul, Satgas Pusdalop, Pemadam Kebakaran dan Satgas TRC Kabupaten Bantul. 

 

Tim Basarnas selaku narasumber menyampaikan peran dan fungsi Basarnas dalam mengoordinasikan kegiatan sosialisasi, pelatihan dan simulasi untuk meningkatkan kesiapsiagaan menghadapi bencana hidrometeorologi. Pelatihan SAR yang mencakup pencarian, pertolongan, penyelamatan, dan evakuasi. Selain itu, ketika bencana terjadi, Basarnas merespons dengan melakukan operasi SAR dengan mengerahkan sumber daya manusia yang kompeten, peralatan yang memadai, dan dukungan dari potensi SAR. 

 

Dengan adanya kegiatan ini diharapkan dapat memberikan tambahan pengetahuan dan sebagai bentuk respon sekaligus mitigasi terkait kesiapsiagaan menghadapi bencana hidrometeorologi di penghujung tahun 2023 dan juga antisipasi di tahun 2024.(sgt)

 

#PendowoharjoPrasajaSinubaSinukarta

Komentar atas Sosialisasi Kesiapsiagaan Bencana Hidrometeorologi di Kabupaten Bantul Tahun 2023/2024

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License