Fogging Di Padukuhan Krandohan

heri subekti 26 April 2024 22:46:34 WIB

PENDOWOHARJO---- Pemerintah Kalurahan Pendowoharjo melalui Puskesmas Sewon 1 bekerja sama dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Bantul melakukan fogging di wilayah Padukuhan Krandohan RT 15.

Kegiatan fogging ini sebagai bagian dari antisipasi penularan penyakit demam berdarah terutama dengan sasaran tempat-tempat potensi nyamuk-nyamuk dewasa berada.

Fogging atau pengasapan adalah tindakan pengasapan dengan bahan insektisida yang bertujuan untuk membunuh nyamuk khususnya pembawa (vektor) penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD).

Pelaksanaan fogging dilakukan pada hari Jumat tanggal 26 April 2024, yaitu sekitar pukul 05.30 WIB hingga pukul 07.00 WIB pagi. Momen tersebut merupakan waktu yang strategis bagi nyamuk Aedes sp (penyebab penularan penyakit demam berdarah) aktif dan beraksi menggigit manusia.

Sejatinya, menghilangkan jentik-jentik nyamuk (larva) itu jauh lebih mudah daripada mengendalikan saat sudah menjadi nyamuk dewasa. Dalam kesempatan tersebut, Hartanto Puskesmas Sewon 1 menghimbau masyarakat untuk rutin, berkelanjutan, bersama-sama membiasakan pencegahan DBD dengan melakukan PSN dengan strategi 3M Plus yaitu :

1. Menguras, membersihkan, dan menyikat penampungan air seminggu sekali.

2. Menutup rapat tempat penampungan air.

3. Mengubur dan mendaur ulang barang bekas yg berpotensi menimbulkan genangan air.

Sedangkan Plusnya adalah menaburkan bubuk larvasida serta memelihara ikan pemakan jentik nyamuk dalam bak-bak penampungan air yg sulit dibersihkan, menggunakan lotion anti nyamuk dsb.

 

Besar harapan, masyarakat Pendowoharjo dapat terhindar dari penyakit Demam Berdarah, serta penyakit menular berbasis lingkungan lainnya. (Krandohan1) 

Komentar atas Fogging Di Padukuhan Krandohan

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License