Dukuh se Pendowoharjo Jalani Pawiyatan di Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat

heri subekti 26 Juli 2024 14:51:41 WIB

PENDOWOHARJO---- Dukuh Se Kalurahan Pendowoharjo ikuti pawiyatan pamong yang diselenggarakan oleh Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat selama 3 (tiga) hari, dimulai pada Rabu - Jum'at (24-26/07/2024).

Dalam kegiatan tersebut 16 Kepala Dusun se-Kalurahan Pendowoharjo tersebut bergabung dengan peserta lainnya yang terdiri dari lurah, rohis/immamudin maupun mahasiswa yang berasal dari berbagai wilayah di Kabupaten Bantul, diantaranya Kasihan, Pundong, Banguntapan, Srandakan dan Pandak.

Kegiatan tersebut merupakan upaya untuk mengenalkan lebih dekat Kasultanan Yogyakarta dan Kadipaten Pakualaman kepada para pamong dan kaum rohis sebagai ujung tombak pamomongnya masyarakat.

Materi yang disampaikan cukup banyak, pada hari pertama Rabu (24/07/2024) peserta diberikan paparan ilmu kaweruh, keistimewaan DIY, wawasan budaya DIY, sejarah asal usul desa, asal usul Kasultanan dan capaian implementasi Perdais Pertanahan dan Tata Ruang.

Selanjutnya hari kedua Kamis (25/07/204) para peserta memasuki Keraton dengan ageman peranakan untuk diberikan bekal tata krama dan tata lampah di dalam Keraton, sejarah DIY, wawasan budaya, pranata mangsa dan wawasan Pura Pakualaman.

Sementara pada hari ketiga Jum'at (26/07/2024) merupakan hari terakhir pawiyatan, peserta dibekali dengan paparan capaian Visi Misi Keistimewaan DIY, strategi menjalankan, menjaga dan melindungi UUK DIY pasca keputusan MK dan Bantuan Gubernur Untuk Tingkat Desa. Kemudian dilanjutkan dengan acara penutupan Pawiyatan angkatan 102. (herzub) 

Komentar atas Dukuh se Pendowoharjo Jalani Pawiyatan di Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 
Kebijakan Privasi

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License