Cooming soon, Bimtek Pengelolaan Sampah bagi Kader PKK

heri subekti 09 Oktober 2024 06:39:50 WIB

PENDOWOHARJO---- Ditengah gerahnya atmosfir Kalurahan Pendowoharjo, selasa (08/10/24) kurang lebih pukul 11.00 WIB bertempat di ruang Bamuskal Kalurahan Pendowoharjo, Tim Pengelolaan Sampah Kalurahan Pendowoharjo bersama dengan Pendamping Lingkungan DLH Kabupaten Bantul melakukan koordinasi persiapan bimtek pengelolaan sampah bagi kader PKK Kalurahan Pendowoharjo. Ditemani suara kipas angin yang berputar cepat namun tidak mampu mendinginkan ruangan Bamuskal saking panasnya udara di siang itu, diskusi tetap berjalan dengan lancar. Bimtek pengelolaan sampah bagi kader PKK didanai dengan menggunakan dana desa. Kegiatan tersebut merupakan aspirasi dari TP PKK Kalurahan Pendowoharjo dalam rangka mendukung program Bantul Bersama (Bantul Bersih Sampah 2025).

Setelah dilakukan diskusi, Bimtek akan dilakukan selama 4 (empat) hari yang terbagi dalam 4 (empat) kelompok padukuhan. Bimtek akan dilaksanakan mulai tanggal 21-24 September 2024 dengan narasumber dari Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bantul. Mengenai waktu dan tempat menurut Pelaksana Kegiatan akan dikomunikasikan dengan Ketua TP PKK. "Untuk jam dan tempat nanti akan kita diskusikan dengan Ketua TP PKK Kalurahan, agar peserta yang hadir maksimal dan tepat sasaran, " jelas Novitasari.

Sebagai informasi, PKK kepanjangan dari Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga. Gerakan ini ditujukan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dimulai dari unit terkecil, yakni keluarga.

 

Kita mungkin menyangka bahwa penggerak kegiatan PKK hanya bisa dilakukan oleh kelompok perempuan atau ibu-ibu. Padahal, PKK juga dapat digerakkan oleh kaum pria atau bapak-bapak yang memang ditunjuk menjadi bagian dari tim penyelenggaranya. Ini sebagaimana Peraturan Presiden No. 99 Tahun 2017 tentang gerakan pemberdayaan dan kesejahteraan keluarga. Sebagai gerakan nasional di bawah naungan Menteri Dalam Negeri, PKK mempunyai sejumlah fungsi yang salah satunya adalah memberikan pembinaan yang meliputi penyuluhan, pelatihan, bimbingan teknis dan pendampingan kepada TP PKK secara berjenjang sampai dengan kelompok dasa wisma dan juga menampung dan menyalurkan aspirasi masyarakat. (D13)

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 
Kebijakan Privasi

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License