Posyandu Diro Juara Lomba Kampanye Layanan Kesehatan

heri subekti 18 Oktober 2024 13:45:34 WIB

PENDOWOHARJO---- Kampanye adalah serangkaian upaya yang dilakukan oleh individu, kelompok, atau organisasi untuk mempromosikan atau memperjuangkan suatu tujuan tertentu kepada khalayak umum. Kampanye dapat dilakukan dalam berbagai konteks, termasuk politik, sosial, lingkungan, kesehatan, atau bisnis. Kampanye yang paling populer di lingkungan masyarakat adalah kampanye politik. Namun tahukan kalian sobat pendowoharjo, bahwa kampanye tidak melulu dalam hal politik saja. Ada juga kampanye kesehatan misalnya. Kampanye kesehatan bertujuan untuk meningkatkan kesadaran tentang kesehatan dan mempromosikan perilaku sehat dalam masyarakat. Contoh kampanye kesehatan meliputi kampanye anti-rokok, kampanye vaksinasi, atau kampanye kesadaran tentang penyakit tertentu seperti kanker atau HIV/AIDS.

 

Seiring perkembangan jaman, kampanye telah mengalami perubahan dalam hal strategi, teknik komunikasi, dan penggunaan media. Kemajuan teknologi telah memberikan alat yang lebih canggih untuk mencapai audiens yang lebih luas, sementara masyarakat yang semakin terhubung secara global telah memungkinkan kampanye menjadi lebih luas dalam cakupan dan dampaknya.

 

Beberapa waktu yang lalu, Kementrian Kesehatan RI menggelar lomba kampanye layanan kesehatan di posyandu dalam rangka memperingati hari Posyandu nasional 2024. Lomba kampanye media sosial tentang pelayanan kesehatan di posyandu bagi sasaran seluruh siklus hidup dilangsungkan pada tanggal 29 April - 20 Mei 2024 yang lalau dengan cara mengupload video berdurasi 1-3 menit ke media sosial Instagram atau YouTube baik melalui akun pribadi ataupun akun posyandu. Setiap kategori akan dipilih dua pemenang.

 

Melalui informasi dari Puskesmas Sewon 1, Posyandu Sirkaya 1 Padukuhan Diro berperan serta dalam lomba tersebut. Dengan mengambil kriteria kader kesehatan, kategori pelayanan kesehatan. Video dokumentasi berlatar belakang pelayanan Posyandu ILP (Integrasi Layanan Primer) yang rutin dilaksanakan tiap bulan di Padukuhan Diro memberikan gambaran alur pemeriksaan kesehatan dalam Posyandu ILP. Mulai dari masyarakat datang ke lokasi, pendaftaran, pengukuran tekanan darah, berat badan, tinggi badan, pemeriksaan kesehatan berupa cek gula darah, kolesterol maupun asam urat dan terakhir adalah konsiltasi kesehatan oleh kader Posyandu ILP. Video berdurasi pendek diharapkan bisa memberikan gambaran sehingga masyarakat tidak bingung apabila ingin melakukan pemeriksaan di posyandu. Berbekal konsep sederhana tersebut, alhamdulilah pada tanggal 17 Oktober 2024 melalui akun resmi youtube Kemenkes RI, Posyandu Sirkaya 1 Padukuhan Diro diumumkan menjadi juara 1 karegori Pelayanan Kesehatan, sedangkan juara 2 diraih oleh Posyandu Sederhana dari Garut Jawa Barat. Video kampanye pelayanan kesehatan bisa diakses di youtube Posyandu Diro1 atau melalui link https://youtu.be/KIMDJwX9dAE?si=Y2z7jptavBb-G3Q3 . Jangan lupa koment, like dan subscribe ya sobat pendowoharjo. (D13)

Komentar atas Posyandu Diro Juara Lomba Kampanye Layanan Kesehatan

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 
Kebijakan Privasi

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License