Kader Padukuhan Cepit Gelar Workshop Peningkatan Kapasitas

heri subekti 17 November 2023 09:03:10 WIB

PENDOWOHARJO---- Dalam rangka untuk mendukung peran aktif guru paud dan kader kesehatan. Padukuhan Cepit menggelar acara peningkatan kapasitas pendidik paud dan kader kesehatan, Kamis (16/11/2023). 

 

Kegiatan ini berlangsung di Rumah Dukuh Cepit dengan dihadiri oleh Lurah Pendowoharjo, Tri Budi Asih Puskesmas Sewon 1, Parti Wasiyatun Himpaudi Kapanewon Sewon, Dukuh Cepit, Pratistya Nor Aini, Ketua RT, serta ibu-ibu guru paud dan kader posyandu yang ada di Padukuhan Cepit.

 

Parti Wasiyatun,S.Pd menyampaikan, Masa usia dini merupakan masa keemasan yang menakjubkan. Dimana perkembangan IQ anak dari sejak lahir hingga 8 tahun mencapai 80%. Masa kanak-kanak merupakan periode emas namun sekaligus periode kritis. Periode emas apabila kita sebagai orang tua bisa mendidik, memberikan hak-hak anak dengan sepenuhnya. Namun sebaliknya apabila hak anak tidak terpenuhi, maka masa emas berbalik menjadi masa kritis yang sangat berbahaya bagi perkembangan selanjutnya. Keberhasilan atau kegagalan perkembangan di usia dini berpengaruh pada perkembangan selanjutnya.

Anak punya hak yang harus dipenuhi oleh orang tuanya. Baik orang tua kandung, tenaga pendidik yang menjadi orang tua di sekolah, maupun warga masyarakat yang berdampingan dengan anak-anak.

Apa yg terjadi jika hak-hak anak tidak dipenuhi, terutama dalam tumbuh kembang anak di masa emasnya. Beberapa hal yang kemungkinan akan terjadi apabila hak anak tidak dipenuhi antara lain:

1. Pertumbuhan kurang optimal

2. Perkembangan di bawah usianya/stunting

3. Gaya hidup hedonis

4. Gampang stress

5. Kenakalan anak (agressifitas negative)

6. Pengendalian emosi kacau

 

Selanjutnya narasumber kedua, Tri Budi Asih,S.Gz menjelaskan untuk pelaksanaan Posyandu di tahun 2024, akan mengalami perubahan nama, dan pelaksanaan pelayanan maupun sistem pelaporan. Kegiatan Posyandu akan dilaksanakan secara terpadu, sehingga tidak ada lagi posyandu balita dan posyandu lansia. Di tahun 2024 juga dibutuhkan kader yg aktif, mau, dan mampu. Di posyandu juga harus ada cek alat kesehatan dan tensimeter, "papar Bu Tri saat menjelaskan". (Cpt01) 

Komentar atas Kader Padukuhan Cepit Gelar Workshop Peningkatan Kapasitas

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License