Studi Tiru Pengelolaan Sampah di Bank Sampah Dhuawar Sejahtera

heri subekti 14 Desember 2023 13:30:01 WIB

 PENDOWOHARJO---- Rabu (13/12/2023) Tim Penggerak Pengelolaan Sampah bersama tim medsos melakukan perjalanan ke barat untuk mencari tambahan pengetahuan dalam pengelolaan sampah. Adapun tempat yang dituju merupakan salah satu Kalurahan yang berada di Kabupaten Kulonprogo, yakni Kalurahan Sendangsari dan tepatnya di Dusun Kroco.

 

Ditempat tersebut terdapat Bank Sampah yang bernama Dhuawar Sejahtera, bank sampah tersebut merupakan induk di Kabupaten Kulonprogo.

Kedatangan kami disana disambut baik oleh Danarta Kalurahan Sendangsari, Bpk Sugiyanto yang juga merupakan pemilik lahan tempat berdirinya bangunan bank sampah tersebut. Selain itu kami juga disambut oleh Ulu-ulu Bpk Kuntoro Edi dan Dukuh Kroco Bpk Slamet Supriyono

 

Tim yang berisikan Carik, Kaur Pangripta, Dukuh Diro, Dukuh Miri, Bayu Resikplus dan Andi Fathoni dalam kesempatan tersebut banyak mengorek informasi tentang tatacara pengelolaan sampah disana.

 

Pengelolaan sampah disana menggunakan metode bank sampah, nasabah menyetorkan sampah laku jual kepada pengurus, kemudian pengurus mencatat sebagai tabungan. Jika sudah terkumpul nasabah bisa mengambil tabungannya biasanya untuk keperluan pembayaran PBB dan hari raya.

 

Sementara untuk sampah organik harus selesai dirumah tangga masing-masing. "Sampah organik kami tekankan harus selesai dirumah masing-masing, karna disini lahan masih tersedia cukup luas jadi masih bisa membuat jugangan atau biasanya untuk pakan ternak", terang Sugiyanto.

 

"Dan juga kami tekankan warga tidak boleh membakar sampah", tambah Sugiyanto saat memberikan keterangan.

 

Harapannya kunjungan tersebut dapat memberikan tambahan pengetahuan dan menjadi referensi untuk pengelolaan sampah di Pendowoharjo. (herzub) 

Komentar atas Studi Tiru Pengelolaan Sampah di Bank Sampah Dhuawar Sejahtera

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License