Persiapan Pengolahan Sampah Berbasis Digital di Padukuhan Diro

Administrator 28 Mei 2024 11:28:44 WIB

PENDOWOHARJO---- Jumat (28/05/2024) pagi, sejumlah mahasiswa Universitas Muhammadiyah Yogyakarta hadir di Ruang Lurah Pendowoharjo. Pertemuan terkait PPKO (Program Penguatan Kapasitas Organisasi Kemahasiswaan) IMM Bahasa UMY yang melakukan kerja sama dengan Kalurahan Pendowoharjo sebagai desa binaan. Sebagai desa binaan, pendampingan difokuskan di Padukuhan Diro.

Ditemui Carik Pendowoharjo dan Dukuh Diro, disampaikan bahwa program yang direncanakan lolos ke ke tahap pendanaan. Oleh karena itu akan dilakukan sosialisasi yang direncanakan untuk hari Jumat (31/05/2024) pagi di Padukuhan Diro dengan mengundang Lurah, tokoh masyarakat dan pegiat TPS Goro.

Dengan kegiatan PPKO ini, akan dilakukan asistensi dalam waktu 5 bulan ke depan dengan program unggulan Sampah Rejeki, aplikasi sitem pengolahan sampah dalam upaya optimalisasi peran masyarakat pra-sejahtera untuk kemandirian masyarakat Pendowoharjo.

Dengan aplikasi yang disiapkan, akan dilakukan pendampingan bersama mitra terkait pemilahan sampah dan produk yang berasal dari sampah.

Dengan aplikasi ini, diharapkan sampah dapat menjadi penghasilan yang kemudian diganti dengan poin yang dapat ditabung maupun ditukarkan dengan pakan sehat semisal sayur dan telur.

Pelatihan dan pendampingan akan dilakukan dengan mengumpulkan warga maupun dengan datang langsung kepada masyarakat yang sudah dipetakan.

Semoga dengan kerja sama Pemerintah Kalurahan bersama kampus seperti ini, dapat lebih memacu pertumbuhan dan kemajuan di masyarakat. Terlebih dalam masa darurat sampah seperti sekarang ini. Pendowoharjo Prasaja Sinuba Sinukarta. (may)

Komentar atas Persiapan Pengolahan Sampah Berbasis Digital di Padukuhan Diro

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 
Kebijakan Privasi

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License