Siswa MAN 1 Bantul Kunjungi Sanggar Ki Warno Waskito

heri subekti 07 Agustus 2023 08:36:49 WIB

PENDOWOHARJO---- Yogyakarta populer sebagai kota pelajar, karena hampir sebagian besar pusat pendidikan berdiri di yogyakarta. Pusat pendidikan tersebut otomatis menarik minat para pelajar untuk menuntut ilmu di Yogyakarta. Selain populer sebagai kota pelajar, Yogyakarta juga dikenal sebagai kota budaya. Yogyakarta adalah kota yang memiliki sejuta warisan budaya peninggalan dari nenek moyang sehingga dijuluki sebagai Kota Seni dan Budaya. Warisan budaya tersebut berupa budaya tangible (fisik) dan intangible (non fisik).

 

Untuk memenuhi tugas sekolah, minggu (06/08/2023) siswa MAN 1 Bantul melakukan kunjungan ke salah satu sanggar pelestari topeng klasik yang ada di Padukuhan Diro. Ya, sanggar topeng klasik Ki Warno Waskito merupakan tempat memproduksi topeng kayu yang sudah tidak asing di dunia seni dan budaya. Sebut saja penari Didik Ninik Thowok, Anter Asmorotedjo bahkan seniman luar negeri kerap memesan topeng di sanggar Ki Warno Waskito. Bakat Ki Warno Waskito dalam membuat topeng kini telah menurun dan mendarah daging diteruskan oleh cucunya, yaitu Ki Supono Wiguna. Salah satu siswa MAN 1 Bantul yang melakukan kunjungan ke Sanggar Ki Warno Waskito, Angger menuturkan bahwa kegiatan tersebut merupakan salah satu tugas dari madrasah untuk mensari informasi tentang produsen kerajinan yang ada di wilayah bantul. "Kunjungan kami kesini (Sanggar Ki Warno Waskito-red) untuk menggali informasi tentang produsen kerajinan, sebagai salah sayu tugas sekolah, " terang Angger. "Alhamdulillah diterima dengan baik oleh pak Pono dan kami bisa menimba ilmu disana," tutup siswa MAN 1 Bantul tersebut mengakhiri pembicaraan dengan tim medsos PPID Kalurahan Pendowoharjo. (D13)

Komentar atas Siswa MAN 1 Bantul Kunjungi Sanggar Ki Warno Waskito

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License